Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6,5 Juta Orang Bakal Melancong ke Jabar saat Libur Nataru

Dari data prediksi yang diterima ada kendaraan non-Jabodetabek dan Jabodetabek yang masuk dan keluar wilayah Jabar saat libur Nataru 2023.
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi)./Jasa Marga
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi)./Jasa Marga

Bisnis.com, BANDUNG - Sebanyak 6,5 juta orang diprediksi akan masuk ke wilayah Jawa Barat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat A. Koswara mengatakan dari data prediksi yang diterima ada kendaraan non-Jabodetabek dan Jabodetabek yang masuk dan keluar wilayah Jabar saat libur Nataru 2023.

"Total orang masuk Jabodetabek 4,7 orang. Jabar non Jabodetabek 6,5 juta orang. Sedangkan yang keluar Jabodetabek 7,1 juta orang. Jabar non-Jabodetabek 4,4 juta orang," katanya di Dishub Jabar, Bandung, Rabu (21/12/2022).

Dishub Jabar juga memprediksi akan ada banyak masyarakat yang datang ke Jabar didominasi kendaraan roda dua dibandingkan dengan angkutan umum atau kendaraan roda empat milik pribadi.

"Moda transportrasi sepeda motor 52 persen. Mobil pribadi 36 persen. Angkutan umum 12 persen," katanya.

Menurutnya, jutaan orang masuk ke Jabar saat libur Nataru 2023 ada beberapa alasan. Seperti, memanfaatkan waktu libur Natal dan tahun baru, perayaan natal dan pulang kampung, serta ada beberapa alasan lainnya. Namun, total 72,8 persen adalah liburan.

"Memanfaatkan waktu untuk pulang kampung ada 36,40 persen, manfaatkan waktu libur untuk berwisata 36,36 persen, merayakan Natal tahun baru di kampung halaman 19,22 persen, tugas pekerjaan 4,13 persen, ada acara keluarga 2,21 persen," katanya.

Koswara memastikan pihaknya mengerahkan 4.529 personel untuk terbagi di 128 posko Nataru 2023.

Koswara mengatakan, ratusan posko yang disediakan ini nantinya akan dibagi dalam beberapa kordinator wilayah (korwil). Dalam satu Korwil nantinya ditunjuk satu anggota sebagai penanggung jawab.

"Total yang dikerahkan ada 4.529 personel, dengan posko 128 dan terbagi di 8 Korwil," ujarnya.

Dari 128 posko yang dibangun Dishub Jabar ini memiliki beberapa pungsi. Seperti monitoring kondisi lalu-lintas di wilayah sekitar dan koordinasi antar steak holder yang turut bertugas dalam melakukan pengamanan libur Nataru 2023.

"Ada lima fungsi posko yang dibangun ini, pertama koordinasi antar steak holder, dukungan peraturan lalu lintas, cacah arus, monitoring lalu lintas, repotase kondisi lalu lintas," ungkap Koswara.

Dishub Jabar sendiri sudah menyiapkan beberapa langkah lanjutan untuk mensukseskan operasi libur Nataru 2023. Dalam waktu dekat personel juga akan mulai mengisi posko yang sudah disediakan.

"Masa operasi libur Nataru 2023 kami mulai besok, kami mulai isi posko ada 128 posko perhubungan. 12 punya provinsi 116 dari kabupaten dan kota dan ini belum ditambah dari kepolisian itu ada 300 lebih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper