Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jabar Dinilai Terbaik dalam Kematangan Keamanan Siber

Keamanan siber menjadi perhatian Pemprov Jabar dengan menerapkan SMKI ISO/SNI 27001:2013, membentuk CSIRT dan aktif melakukan diseminasi dan kolaborasi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  21:29 WIB
Jabar Dinilai Terbaik dalam Kematangan Keamanan Siber
Ilustrasi - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Pemda Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk Instansi Pemerintah Daerah yang telah memiliki nilai kematangan keamanan siber terbaik pada 2022.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah dalam Focus Group Discussion Penilaian Tingkat Maturitas dan Pelaporan Tahunan Profil Keamanan Siber Sektor Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Tahun 2022 di Avenzel Hotel dan Convention Cibubur, Kota Bekasi, Selasa (6/12/2022).

"Keamanan siber menjadi perhatian Pemprov Jabar dengan menerapkan SMKI ISO/SNI 27001:2013, membentuk CSIRT dan aktif melakukan diseminasi dan kolaborasi dengan semua pihak," tutur Ika.

Setiap tahun, BSSN melakukan penilaian pengukuran kematangan keamanan siber kepada instansi di pemerintah daerah dan instansi pusat untuk mengetahui tingkat maturitas keamanan siber di masing-masing instansi.

Dengan adanya tingkat maturitas ini, diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai apa yang harus menjadi tindak lanjut, baik oleh stakeholder maupun BSSN untuk meningkatkan maturitas keamanan siber.

Penilaian tingkat maturitas Pemda Provinsi Jabar dilakukan oleh BSSN pada 18 dan 19 Oktober 2022 dengan menggunakan Tools Cyber Security Maturity. Tools ini merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengukur kematangan keamanan siber di organisasi.

Adapun ruang lingkup yang dinilai adalah pemetaan aspek penanganan insiden yang meliputi aspek tata kelola, aspek identifikasi, aspek proteksi, aspek detek, dan aspek respons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top