Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Januari-November 2022, Lebih dari 7.000 Warga Kabupaten Cirebon Berangkat Jadi PMI

Bidang pekerjaan yang menjadi sasaran para pahlawan devisa ini yaitu pembantu rumah tangga, operator produksi, pengasuh, petani, nelayan, dan pekerja konstruksi
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 7.656 warga di Kabupaten Cirebon berangkat menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) sepanjang Januari 2022 hingga Selasa (11/15/2022).

Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon Novi Hendrianto mengatakan dari 7.656 PMI yang berangkat, 4.861 di antaranya merupakan perempuan dan 2.795 lainnya adalah laki-laki.

“Sebagian besar PMI yang berangkat berasal dari Kecamatan Gebang, Kapetakan, Babakan, Losari, Susukan dan Gegesik," kata Novi di Kabupaten Cirebon, Selasa (15/11/2022).

Novi mengatakan, belum lama ini ada 32 calon PMI yang akan berangkat ke luar negeri. Sebelum diberangkatkan, puluhan orang tersebut harus menjalani pelatihan kerja.

Ditambahkan Novi, puluhan orang tersebut mendapatkan pembekalan dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintang Jafa Indo yang ada di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon.

“Sebelum berangkat calon PMI mempunyai keahlian. Kami tegaskan, pelatihan diperlukan untuk menghindari permasalahan saat penempatan di luar negeri,” kata Novi.

Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Kabupaten Cirebon masuk ke dalam 10 besar kantong PMI paling banyak di Indonesia.

Kabupaten Cirebon bersama Kabupaten Indramayu, Lombok Timur, Cilacap, Lombok Tengah, Ponorogo, Blitar, Malang, Brebes, dan Lampung Timur.

Lima negara tujuan favorit PMI di Kabupaten Cirebon yakni, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura.

Sementara, bidang pekerjaan yang menjadi sasaran para pahlawan devisa ini yaitu, pembantu rumah tangga, operator produksi, pengasuh, petani, nelayan, dan pekerja konstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper