Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Telkom Didukung Stafsus Presiden Hadirkan Bitung Smart City

PT Telkom Indonesia melalui Pijar turut berperan aktif mendukung Kota Bitung, Sulawesi Utara, menjadi kota pintar.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  19:55 WIB
Telkom Didukung Stafsus Presiden Hadirkan Bitung Smart City
Seminar nasional dan Peluncuran Program Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) tentang Transformasi Digital Menuju Bitung Kota Pintar.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT Telkom Indonesia melalui Pijar turut berperan aktif mendukung Kota Bitung, Sulawesi Utara, menjadi kota pintar.

Bentuk dukungan dimulai dengan diadakannya seminar nasional dan Peluncuran Program Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) tentang "Transformasi Digital Menuju Bitung Kota Pintar" di Sekolah Tinggi Bisnis Manajemen (STBM) Dua Saudara Bitung, beberapa waktu lalu.

Head of Education Ecosystem Telkom Indonesia Sri Safitri mengatakan di era digitalisasi sekarang, ada yang kerap luput perhatian dari generasi muda.

“Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh semua orang, khususnya anak muda, yaitu jangan memforward informasi apapun tanpa mengetahui referensinya secara jelas. Selain itu, sebisa mungkin hindari menyebarkan hoax dan hal yang berbau pornografi," katanya.

Karena tidak bisa dipungkiri memang berkembangnya teknologi memungkinkan seseorang menyebarkan informasi dengan mudahnya, tanpa memeriksa keaslian berita tersebut sehingga terkadang menjadi sisi negatif proses digitalisasi.

Meskipun begitu, di sisi lain proses digitalisasi harus dilakukan di suatu daerah agar semua masyarakat tidak ketinggalan informasi terbaru yang bisa bermanfaat untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Hal inilah yang kemudian akan coba diterapkan dalam mewujudkan Bitung menjadi smart city.

Seminar nasional ini, selain menghadirkan Sri Safitri, juga turut menghadirkan Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden, Maurits Mantiri (Walikota Bitung), Sri Widodo (GM Witel Sulut Malut), Alfred Salindeho (Ketua STMB Dua Saudara), dan Djufri Ardian (Tribe Leader of Education Telkom Indonesia).

“Ke depannya saya akan turut menggandeng Pijar Mahir untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di program PIKM," kata Staf khusus Presiden Bidang Inovasi Pendidikan dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (27/10/2022).

Billy juga mengatakan salah satu alasan yang membuatnya yakin menggandeng Pijar Mahir dalam membantu PIKM adalah karena Pijar Mahir memiliki modul-modul yang bagus.

Saat ini, PIKM berdiri selain di STBM Bitung, juga di Universitas Teuku Umar Aceh, Universitas Panca Bhakti Kalimantan Barat, Universitas Sulawesi Barat, dan Politeknik Negeri Fakfak Papua. Dalam waktu dekat akan dirilis di Universitas Bangka Belitung.

”Selain itu, kami gandeng Pijar Mahir juga karena selalu menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya," katanya.

GM Witel Sulut Malut Sri Widodo menyampaikan pihaknya siap mendukung terwujudnya Bitung Kota Pintar melalui kolaborasi antara Telkom Indonesia melalui Pijar dengan Pemkab Bitung.

Untuk mendukung proses digitalisasi dan terwujudnya Bitung sebagai kota pintar, Djufri Ardian selaku Tribe Leader of Education Telkom Indonesia menyampaikan, pihaknya juga siap mendukung proses digitalisasi di Kota Bitung dengan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom smart city
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top