Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

135 Desa di Sumedang Ditargetkan Masuk Kategori Mandiri pada 2023

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menargetkan ada 135 desa mandiri di wilayahnya pada 2023.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menargetkan ada 135 desa mandiri di wilayahnya pada 2023.

Menurut Dony, saat ini baru ada 81 desa mandiri di Kabupaten Sumedang, sehingga ditargetkan 54 desa lainnya bisa terdongkrak menjadi Desa Mandiri di 2023 mendatang.

"Secara rinci hingga tahun 2022 ini untuk katagori desa di Kabupaten Sumedang ada 81 desa mandiri, 147 desa maju dan 42 desa berkembang dan tidak ada desa yang tertinggal apalagi sangat tertinggal," jelasnya, Senin (24/10/2022).

Kabid Pemdes DPMD Dadang Rustandi menilai desa-desa yang ada di Sumedang memiliki peluang besar untuk masuk pada kategori Desa Mandiri.

"Sebagai catatan pada tahun 2021 lalu, di Sumedang hanya ada 31 Desa Mandiri dan tahun 2022 ini melesat menjadi 81 desa, begitupun untuk tahun 2023 targetnya 135 desa sangat memungkinkan," katanya, Senin (24/10/2022).

DPMD Sumedang sendiri akan selalu mendorong desa untuk menginput data secara benar dan sesuai di lapangan.

Karena yang berhak menentukan suatu desa masuk desa mandiri adalah pihak Kemendes dan penilaiannya melalui data data yang diinput pihak desa dan selalu update setiap saat.

"Tentunya dalam hal ini harus ada komitmen yang sama antara pihak desa dan juga pendamping agar data yang diinput benar apa adanya," jelasnya.

Selain itu, desa juga harus merubah image dimana saat ini mereka beranggapan ketika masuk katagori desa mandiri maka segala bantuan akan dihapus.

Padahal sebaliknya, justru dengan masuk desa mandiri bantuan juga terbuka lebar, sehingga beranggapan cukup masuk desa maju saja.

"Jadi untuk bisa masuk katagori desa mandiri indikator penilaian yang terpenting adalah sosial ekonomi dan lingkungan," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper