Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh, Kasus Gagal Ginjal Misterius Ditemukan di 10 Wilayah di Jabar

Dinas Kesehatan Jabar mengkonfirmasi 10 daerah di Jabar memiliki kasus gagal ginjal misterius pada usia anak-anak.
Ginjal/medicinet.com
Ginjal/medicinet.com

Bisnis.com, BANDUNG -- Dinas Kesehatan Jawa Barat mengkonfirmasi 10 daerah di Jabar memiliki kasus gagal ginjal misterius pada usia anak-anak.

Kadinkes Jabar Nina Susana Dewi mengatakan data 10 daerah tersebut sudah terlaporkan ke Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"Jadi Jabar sendiri belum mempunyai data," ujar Nina, Senin (17/10/2022).

Meski belum memiliki data pasti, Nina menjelaskan, penanganan akan dikoordinasikan dengan IDAI. Sehingga, Dinkes Jabar untuk sementara ini masih melakukan pemantauan terhadap temuan kasus-kasus itu.

"Kami kerja sama dengan IDAI, dan selama ini IDAI akan terus berusaha agar semua itu tertanggulangi," katanya.

Namun pihaknya mengaku belum mengetahui secara detil 10 daerah yang terdapat kasus tersebut karena saat ini Dinkes Jabar masih berkoordinasi dengan IDAI.

"Ada di 10 kabupaten dan kota di Jabar, cuma saya belum bisa mendahului. Dan semuanya sudah berkoordinasi tiap kabupaten dan kota dengan IDAI," paparnya.

Nina juga belum bisa bicara lebih jauh mengenai penyebab dari kasus ini. Namun, dipastikannya, kasus itu kini tengah diteliti, dan ditelusuri penyebab utama gagal ginjal yang menyerang pada kelompok anak-anak ini.

"Semuanya gagal ginjal akut, yang sampai saat ini masih diteliti penyebabnya apa. Ini harus koordinasi dengan dokter anak, kalau ada gejala-gejala yang mencurigakan akan dikoordinasikan dengan dokter anak spesialis ginjal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper