Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Kerusakan Gedung Merdeka, Pengelola: Pemprov Jabar Siap Perbaiki

Kondisi Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat yang mulai rusak dan bocor viral di media sosial.
Kondisi salah satu ruangan di dalam Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.
Kondisi salah satu ruangan di dalam Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG--Kondisi Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat yang mulai rusak dan bocor viral di media sosial.

Dari video yang beredar kerusakan dan kebocoroan terlihat di beberapa bagian ruangan. Paling mengkhawatirkan di area toilet dengan plafon yang sudah ambruk.

Bahkan dalam video tersebut, air hujan meluncur cukup deras pada salah satu bagian gedung berlatar rangkaian bendera berbagai negara.

Beberapa foto juga memperlihatkan petugas menyiapkan beberapa ember untuk menampung limpahan air hujan di beberapa ruangan.

Sejumlah dinding juga tampak retak dan lembab akibat kebocoran. Di bagian kanan bawah foto itu tercantum 3 September 2022 sebagai tanggal pengambilan gambar.

Video tersebut juga ramai diperbincangkan di media sosial. Berdasarkan penelusuran, video itu ramai setelah diunggah pemilik akun @txtdaribandung di Twitter sejak Senin (19/9/2022) malam.

Warganet pun menyayangkan kondisi ikon Kota Bandung itu yang tak terawat.

"@ridwankamil tolong dibenahi Pak, mau ajak anak2 ke sana. Nanti mereka sedih kalau ga sesuai bangunannya. Takut salah fokus malah ke masalah bangunannya," tulis pemilik akun @armezahfauzi.

"Pengen banget ke museum ini belum dikasih kesempatan, masa sih padahal tempat bersejarah kaya gini gak dirawat dengan baik, braga aja dibagusin giliran tempat kaya gini gak diurus," ujar pemilik akun @AUliatkamu.

Kepala Museum Konferensi Asia Afrika Dahlia Kusuma Dewi saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kondisi itu. Namun saat ini bagian yang rusak sudah mulai diperbaiki.

"Jadi memang betul itu bocor betul, tapi sekarang sedang diperbaiki," katanya, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya proses renovasi membutuhkan waktu dan persiapan matang mengingat Gedung Merdeka sebagai cagar budaya.

"Jadi karena ini kan gedung cagar budaya, jadi prosesnya waktu itu agak panjang. Pemprov sudah sejak pertengahan tahun pun sudah siap. Cuman harus izin dulu, karena cagar budaya di sini itu ada tim ahli cagar budaya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper