Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelajah Investasi Jabar: Ini Alasan UPC Renewables Investasi Jumbo di Kebun Angin PLTB Ciemas

Saat ini salah satu kebun angin atau pembangkit listrik tenaga banyu (PLTB) yang tengah berproses adalah PLTB Ciemas, Sukabumi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 02 September 2022  |  16:43 WIB
Jelajah Investasi Jabar: Ini Alasan UPC Renewables Investasi Jumbo di Kebun Angin PLTB Ciemas
Foto udara calon lokasi pembangunan kincir angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang tidak jauh dari Puncak Darma Geopark Ciletuh, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (2/9). - Bisnis/Rachman
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Jawa Barat akan menjadi salah satu wilayah yang menjadi pemain penting dalam penerapan energi baru terbarukan (EBT). Ini mengingat Jawa Barat memiliki potensi besar EBT yang juga beragam, salah satunya adalah energi banyu atau angin.

Saat ini salah satu kebun angin atau pembangkit listrik tenaga banyu (PLTB) yang tengah berproses adalah PLTB Ciemas, Sukabumi. Dibangun oleh perusahaan multinasional UPC Renewables, posisi PLTB Ciemas berdekatan dengan Ciletuh Palabuhan Ratu Unesco Global Geopark yang terbukti memiliki potensi angin.

Ini diketahui setelah dilakukan pengukuran data angin selama 6 tahun dari beberapa tiang terpasang setinggi 100 meter dengan akumulasi data selama 23 tahun.

Pembangunan PLTB Ciemas sendiri sudah diinisiasi sejak 2016 dan kini sedang menyelesaikan tahap pembukaan eksplorasi yang telah menghabiskan dana Rp70 miliar. Memiliki turbin tipe EN145 3,3 MW dengan ketinggian hub 127 meter dan panjang baling- baling 72,5 meter, PLTB Ciemas dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas 100- 150 MW. Ditaksir investasi PLTB Ciemas di ujung akan mencapai Rp3,3 triliun!

Direktur UPC Renewables Indonesia Dacre Purchase dalam tayangan Youtube DPMPTSP Provinsi Jawa Barat menuturkan alasan utama perusahaan yang juga membangun PLTB Sidrap tersebut membidik potensi angin di Ciemas.

“Ini peluang yang sangat menarik, kenapa karena tofografi (Ciemas) yang sangat sempurna,” katanya dikutip Tim Jelajah Investasi Jabar Bisnis Indonesia.

Dacre juga menuturkan jika potensi angin di lokasi yang berada di wilayah Geopark tersebut mumpuni, kemudian ditunjang infrastruktur yang sudah solid dan paling penting mendapatkan dukungan dari masyarakat lokal.

“Dukungan baik juga dari semua pemangku kepentingan, ini proyek yang menarik,karena kami punya peluang memadukan pariwisata, energi dan infrastruktur semua campur-campur, baik sekali,” tuturnya.

Kabid Pengambangan dan Promosi DPMPTSP Jawa Barat Deni Rusyana mengatakan investasi besar di PLTB Ciemas juga akan menarik investasi jumbo lainnya di sektor pariwisata. Menurutnya ada investor dari Dubai yang sudah tertarik untuk menggarap potensi wisata Geopark Ciletuh.

Pembangunan PLTB Ciemas sendiri diharapkan segera terwujud agar manfaat ekonomi bagi warga Sukabumi bisa segera lahir. “Pemprov Jawa Barat akan terus mendorong perwujudan PLTB ini,” ujarnya.

Jelajah Investasi Jabar digelar Bisnis Indonesia perwakilan Bandung terselenggara berkat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, PT Migas Utama Jabar, Bank BJB, PT Jamkrida Jabar, PT IBRM, dan Pemkab Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Investasi ebt
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top