Telan Anggaran Rp20 Miliar, Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong Hasil Revitalisasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).
Ditemani Bonge, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).
Ditemani Bonge, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Bisnis.com, DEPOK - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Kini, situ seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman dan menyenangkan. Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik.

Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

"Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini," kata Ridwan Kamil.

Sebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga.

Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya.

"Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok," ujarnya.

Kang Emil, sapaan akrabnya mengungkapkan, yang paling istimewa dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau.

Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

"Inovasi yang utamanya ada panggung yang mengapung di air, itu belum banyak di Indonesia," paparnya.

Syaratnya, lanjut Kang Emil, warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

"Warga dipersilakan melakukan ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Mau ada lomba lukis, pameran rajut, ekspresi busana atau apapun silakan selama baik dan sesuai aturan di Kota Depok," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris menjajal fasilitas floating deck  ditemani pesohor Bonge Cs.

Kang Emil memastikan, fasilitas Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi seperti penambahan bangku dan kamera pengawas di sejumlah titik.

"Anggaran kan kena Covid-19, jadi nanti yang kurang-kurang seperti bangku, CCTV akan ditambah sampai akhirnya lengkap," ujarnya.

Direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp20 miliar selama tiga tahun, Pemda Provinsi Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

"Total anggarannya Rp20 miliar, uang rakyat harus kembali ke rakyat," sebut Kang Emil.

Keistimewaan Kota Depok sendiri dibanding kota lainnya, yakni banyaknya situ atau danau. Situ-situ lainnya di Kota Depok akan direvitalisasi secara bertahap.

"Kekayaan Depok itu banyak situ atau danau, ini bukan yang pertama, situ yang lain secara bertahap kita perbaiki," ucapnya.

"Banyak dari kami buat warga Depok tercinta, seperti underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga tujuh muara sedang kita desain," tambah Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper