Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terbaik dalam Penerapan SPBE, Pemkab Sumedang Genjot Literasi Transaksi Digital Pelajar

Pemkab Sumedang akan memperluas ekosistem digital setelah sukses menjadi yang terbaik dalam penerapan elektronifikasi sistem pelayanan publik.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  15:28 WIB
Terbaik dalam Penerapan SPBE, Pemkab Sumedang Genjot Literasi Transaksi Digital Pelajar
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang akan memperluas ekosistem digital setelah sukses menjadi yang terbaik dalam penerapan elektronifikasi sistem pelayanan publik dan transaksi keuangan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara, Kamis (28/7/2022).

Menurut Dony, sesuai dengan visinya yakni Sumedang Happy Digital Region, pihaknya akan terus mengembangkan penerapan sistem digital, terutama dalam pendidikan dan perekonomian dan sektor lainnya demi menghadirkan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

"Sesuai dengan visi kami di bidang digitalisasi adalah Sumedang Happy Digital Region, Bagaimana masyarakat bahagia dengan adanya pemerintahan berbasis elektronik, happy karena pelayanan masyarakat dengan mudah cepat dan murah kemudian uni kan tidak terbatas," jelasnya.

Dalam sisi regulasi, pihaknya sudah menyiapkan beragam kebijakan berupa device, network dan aplikasi.

"(Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik) ini kami banyak regulasi yang kami buat, siapapun pemimpinnya tetap kebijakan nya tetap menerapkan SPBE," imbuhnya.

Untuk urusan jaringan atau network, Bupati Dony mengklaim seluruh desa di daerahnya sudah terkoneksi dengan infrastruktur fiber optic.

"Jadi infrastruktur itu sudah siap, aplikasi juga sudah kami siapkan," katanya.

Sehingga, saat ini, baik di tingkat Pemerintah Daerah, hingga Pemerintah Desa atau Kelurahan sudah terbangun ekosistem digital yang baik.

"Setelah ekosistem digital terbentuk dengan baik, apapun kebijakan yang ada bisa diintegrasikan nyambung dengan elektronifikasi transaksi keuangan daerah," katanya.

Termasuk, saat ini pihaknya akan membuat gerakan simpanan pelajar, yang akan melibatkan ribuan pelajar di daerahnya untuk memperkenalkan penggunakan sistem elektronik dalam transaksi di tingkat pelajar.

"Termasuk juga kita akan ada simpanan pelajar, akan ada ribuan siswa Agustus nanti," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan penerapan SPBE berupa pelayanan publik hingga transaksi keuangan daerah Pemkab Sumedang menjadi yang terbaik di Jawa Barat.

"Sumedang itu sistem pemerintahannya sudah maju sekali, bahkan bisa yang namanya bupati bisa memonitor apa yang terjadi hingga ke tingkat dusun," katanya.

Ke depan, pihaknya juga mendorong Kabupaten Sumedang agar memperluas sistem pelayanan elektronik sektor lainnya.

"Tinggal ketika kami melihat seperti itu, kami tinggal mendorong digitalisasi di aspek-aspek lain, seperti dari sisi bisnis dan kemudian dari sisi masyarakat termasuk dunia pendidikan di Sumedang," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top