Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUJ ONWJ Bidik Titik Lain di Pantura untuk Penanaman Mangrove

PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, salah satunya dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai utara Jawa Barat.
Hutan Mangrove. /KKP
Hutan Mangrove. /KKP

Bisnis.com, BANDUNG - PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, salah satunya dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai utara Jawa Barat.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan penanaman mangrove di Kawasan Pesisir, tepatnya di desa Mayangan, Kecamatan Legon kulon, Kabupaten Subang sekaligus bagian peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Jawa Barat, beberapa hari yang lalu.

"Penanaman mangrove ini sesuai dengan salah satu Pilar TJSL MUJ ONWJ yaitu pelestarian lingkungan, Dan kegiatan penanaman mangrove ini sudah kami lakukan sejak tahun 2020 di berapa titik pantai di sepanjang pantura Jawa Barat," jelas Direktur Operasional PT Migas Hulu Jabar ONWJ Ardra Teja Bhaswara, Senin (4/7/2022).

Ia mengaku perlu adanya kolaborasi dan juga konsistensi untuk menyelamatkan lingkungan di Jawa Barat. Sehingga, pihaknya mengambil posisi untuk konsen dalam pelestarian lingkungan hidup di pesisir pantai utara Jawa Barat.

Menurutnya, keberadaan hutan mangrove memiliki fungsi yang besar bagi lingkungan hidup di sepanjang garis pantai. Beberapa di antaranya adalah berfungsi sebagai penahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

"Dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai," imbuhnya.

Kemudian, seperti mafaat tumbuhan lainnya, mangrove juga berfungsi penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen.

Mangrove juga lanjut dia, berperan penting sebagai ekosistem ikan-ikan kecil. Bahkan dengan kondisi hutan mangrove yang baik kerap menjadi tempat yang nyaman untuk tempat hidup burung dan kera.

"Keterlibatan MUJ ONWJ dalam kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kominten dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan hidup serta dukungan perusahaan terhadap program pemerintah Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan hidup," jelasnya.

Ke depan, pihaknya juga telah menyiapkan ribuan batang bibit pohon mangrove untuk kembali disebar di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa Barat.

"Kita akan lihat nanti, yang pasti akan ada ribuan pohon mangrove untuk ditanam di sebar di sepanjang Pantura," tandasnya.

Sebelumnya, Gubenur Jawa barat Ridwan kamil, Kepala DLH Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kabupaten Subang, bersama melakukan penanaman simbolis tanaman Manggrove di pantai Pondok Bali, desa Mayangan.

"Penanaman mangrove diharapkan menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan lingkungan melalui pelestarian mangrove, khususnya di kawasan pesisir pantai utara Jawa Barat," jelas Gubernur belum lama ini.

Pada kegiatan tersebut, ditanam 5.000 batang bibit mangrove ditanam di pesisisr pantai desa Mayangan. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper