Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Purwakarta Percepat Pembangunan Infrastruktur Melalui Program TMMD

TMMD merupakan salah satu wujud operasi terpadu karya bhakti TNI. Kegiatan ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah daerah, serta terintegrasi dengan masyarakat.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  15:10 WIB
Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana
Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA – Prajurit TNI AD kembali dilibatkan dalam percepatan pembangunan wilayah terutama yang berkaitan dengan infrastruktur layak bagi masyarakat. Salah satunya, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Seperti diketahui, TMMD merupakan salah satu wujud operasi terpadu karya bhakti TNI. Kegiatan ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah daerah, serta terintegrasi dengan masyarakat.

Adapun salah satu kegiatannya yakni berupa pembangunan infrastruktur dan fasilitas lain bagi masyarakat. Khususnya, bagi mereka yang ada di wilayah perbatasan.

Dengan kata lain, melalui program tersebut prajurit TNI khususnya dari satuan angkatan darat itu turut membantu pemerintah setempat dalam upaya membangun infrastruktur layak bagi masyarakat.

Di Kabupaten Purwakarta, salah satu jalan kampung di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu yang saat ini jadi sasarannya. Kegiatan TTMD ke 113 ini, ada dua sasaran pengerjaan. Yakni, pembangunan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik, di antaranya pembangunan jalan desa sepanjang 450 meter.

Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Asep Syarifudin menjelaskan untuk konstruksi jalan yang akan dibangun di desa tersebut itu menggunakan pola jalan beton. Program TMMD ini, mulai action hari ini dan ditargetkan rampung seluruhnya dalam sebulan kedepan.

"Sebenarnya, dalam program ini tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur saja. Namun, lebih dari itu program ini sekaligus membangun kebersamaan dan menguatkan jiwa nasionalis masyarakat. Salah satunya, melalui gotong royong," ujar Asep di sela-sela pembukaan TMMD 113 di Kabupaten Purwakarta, Rabu (11/5/2022).

Asep menjelaskan, dalam pembangunan infrastruktur ini seluruh unsur terlibat, termasuk keterlibatan masyarakat. Karena memang, dalam program ini target utamanya itu tak lain untuk memdorong masyarakat supaya memiliki ketahanan nasional, termasuk dari sisi ekonomi. Dengan memiliki akses yang memadai, dipastikan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

"Dengan program ini, kita bisa sekaligus membangun kebersamaan, baik dengan masyarakat maupun pemerintah. Sehingga, upaya percepatan pembangunan bisa berjalan dengan baik," jelas dia.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi keterlibatan TNI dalam segenap pembangunan di wilayahnya. Pihaknya tak menampik, pesatnya pembangunan di daerahnya itu berkat adanya kolaborasi lintas sektoral seperti ini.

"Sebenarnya, yang saat ini sedang dilakukan bukan hanya program TMMD saja. Kita pun turut melibatkan prajurit TNI untuk membangun infrastruktur yang sifatnya mendesak atau urgent," ujar Anne.

Adapun dua kegiatan yang mendesak itu di antaranya pembangunan jembatan yang roboh di sekitar Kecamatan Maniis. Menurut dia, pembangunan akses penghubung itu sifatnya sangat mendesak dan harus segera dilakukan. Makanya, untuk percepatannya pihaknya kembali melibatkan TNI.

"Untuk pembangunan jembatan, kita juga sudah MoU dengan jajaran Kodim itu. Actionnya, juga harus bulan ini karena sifatnya urgen betul-betul urgent," pungkasnya. (K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni ad purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top