Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Bahagia Bisa Jadi Peserta Mudik Gratis Pupuk Kujang

Pupuk Kujang Cikampek kembali mengadakan program mudik gratis lebaran tahun ini. Program ini, sudah menjadi agenda tahunan perusahaan di bawah Kementerian BUMN.
Pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.
Pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.

Bisnis.com, KARAWANG - Selepas sahur, Sri Mulyani, 43, yang merupakan warga Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, tidak melanjutkan tidurnya. Dia, sibuk berkemas.

Karena, dia sudah menunggu datangnya hari ini, Jumat (29/4). Sebab pada hari ini Sri Mulyani hendak mudik ke kampung halamannya di Jawa Tengah.

Di rumah kontrakannya, Sri Mulyani tampak sibuk membereskan baju-baju untuk digunakan di kampung halaman. Tak hanya itu, dia juga mengemas sedikit oleh-oleh untuk diberikan kepada orang tua dan kerabat di kampung.

"Sejak pagi buta, saya sudah bangun. Menyiapkan makan sahur, dan juga beberes. Saya tidak mau ketinggalan bus," ujarnya, saat ditemui di area pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.

Sri Mulyani mengaku dirinya sangat senang dengan adanya mudik gratis Pupuk Kujang ini. Meskipun dia bisa ikut bus mudik gratis sampai Cirebon. Lantaran, mudik gratis yang disediakan Pupuk Kujang tidak ada yang tujuan kampung halamannya, yakni Brebes, Jawa Tengah.

Meski sampai Cirebon, tak menyurutkan niatnya untuk ikut mudik gratis. Dia tetap ikut program ini karena dinilai lebih membantu dan aman.

Apalagi, Sri Mulyani membawa serta kedua anaknya. Jadi, dia lebih memilih ikut mudik gratis, ketimbang mudik dengan sepeda motor.

"Kalau suami naik motor. Saya, bersama dua anak naik bus sampai Cirebon. Nanti, dari Cirebon ke Brebes naik bus juga," jelasnya.

Dengan adanya mudik gratis dari Pupuk Kujang ini, dinilai sangat membantu. Apalagi, pada H-3 lebaran ini, jika pakai umum biayanya pasti sudah sangat mahal.

Sedangkan jika memakai motor, sangat repot serta tidak akan kebagian tempat duduk, karena anaknya saja sudah dua.

"Terima kasih Pupuk Kujang, sudah menyediakan mudik gratis. Ini sangat membantu kami, yang ingin berlebaran di kampung halaman," ujar penjual makanan di Cikampek ini.

Pada 2022 ini, pemerintah melonggarkan aturan soal mudik lebaran. Warga diperbolehkan mudik ke kampung halaman, meskipun masih pandemi Covid-19.

Karena itu, Pupuk Kujang Cikampek kembali mengadakan program mudik gratis lebaran tahun ini. Program ini, sudah menjadi agenda tahunan perusahaan di bawah Kementerian BUMN.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang, Robert Sarjaka, mengatakan, tahun ini Pupuk Kujang menyiapkan 2 bus untuk mengantar pemudik ke arah timur Jawa Barat. 

"Kali ini, perusahaan menyiapkan bus untuk mengantar pemudik ke kota-kota di pantura dan jalur selatan Jawa Barat," ujarnya.

Dua armada bus besar tersebut, siap mengantar para pemudik menuju kota-kota di utara Jabar, yaitu Subang, Cirebon, Kuningan, Indramayu. Serta, pemudik yang akan menuju jalur selatan Jabar seperti, Bandung via Cileunyi, Garut, Tasik, Ciamis hingga Pangandaran. 

Pupuk Kujang, ingin berkontribusi membantu masyarakat yang ingin mudik. Apalagi, setelah dua tahun tidak mudik karena didera pandemi. 

"Kami menyelenggarakan mudik gratis atas arahan Kementerian BUMN meskipun mudik gratis ini rutin kita laksanakan," ujarnya.

Robert menuturkan, program mudik gratis adalah program tahunan yang rutin diselenggarakan Pupuk Kujang sejak tahun 2012. Di tahun ini, perusahaan mendapat kepercayaan untuk ikut serta dalam program Mudik sehat BUMN. 

Menurut Robert, mudik gratis ini secara garis besar untuk memberikan pilihan kepada masyarakat untuk bisa melepas rindu ke kampung halaman. Sebab, tak sedikit masyarakat yang sudah rindu karena dua tahun tidak lebaran di kampung halaman. 

Alhasil untuk menanggulangi potensi kemacetan luar biasa di musim mudik tahun ini, kementerian BUMN dan seluruh perusahaan milik negara turut berupaya mengurangi potensi kemacetan. Serta  menyediakan fasilitas mudik yang sehat, aman dan nyaman. 

"Mudik gratis ini, tentunya sudah sesuai prokes yang ketat. Serta, pesertanya juga sudah mendapat vaksinasi sampai tingkat booster," jelasnya.(K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper