Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Bahagia Bisa Jadi Peserta Mudik Gratis Pupuk Kujang

Pupuk Kujang Cikampek kembali mengadakan program mudik gratis lebaran tahun ini. Program ini, sudah menjadi agenda tahunan perusahaan di bawah Kementerian BUMN.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 29 April 2022  |  17:07 WIB
Pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.
Pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.

Bisnis.com, KARAWANG - Selepas sahur, Sri Mulyani, 43, yang merupakan warga Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, tidak melanjutkan tidurnya. Dia, sibuk berkemas.

Karena, dia sudah menunggu datangnya hari ini, Jumat (29/4). Sebab pada hari ini Sri Mulyani hendak mudik ke kampung halamannya di Jawa Tengah.

Di rumah kontrakannya, Sri Mulyani tampak sibuk membereskan baju-baju untuk digunakan di kampung halaman. Tak hanya itu, dia juga mengemas sedikit oleh-oleh untuk diberikan kepada orang tua dan kerabat di kampung.

"Sejak pagi buta, saya sudah bangun. Menyiapkan makan sahur, dan juga beberes. Saya tidak mau ketinggalan bus," ujarnya, saat ditemui di area pemberangkatan mudik gratis BUMN bareng PT Pupuk Kujang Cikampek.

Sri Mulyani mengaku dirinya sangat senang dengan adanya mudik gratis Pupuk Kujang ini. Meskipun dia bisa ikut bus mudik gratis sampai Cirebon. Lantaran, mudik gratis yang disediakan Pupuk Kujang tidak ada yang tujuan kampung halamannya, yakni Brebes, Jawa Tengah.

Meski sampai Cirebon, tak menyurutkan niatnya untuk ikut mudik gratis. Dia tetap ikut program ini karena dinilai lebih membantu dan aman.

Apalagi, Sri Mulyani membawa serta kedua anaknya. Jadi, dia lebih memilih ikut mudik gratis, ketimbang mudik dengan sepeda motor.

"Kalau suami naik motor. Saya, bersama dua anak naik bus sampai Cirebon. Nanti, dari Cirebon ke Brebes naik bus juga," jelasnya.

Dengan adanya mudik gratis dari Pupuk Kujang ini, dinilai sangat membantu. Apalagi, pada H-3 lebaran ini, jika pakai umum biayanya pasti sudah sangat mahal.

Sedangkan jika memakai motor, sangat repot serta tidak akan kebagian tempat duduk, karena anaknya saja sudah dua.

"Terima kasih Pupuk Kujang, sudah menyediakan mudik gratis. Ini sangat membantu kami, yang ingin berlebaran di kampung halaman," ujar penjual makanan di Cikampek ini.

Pada 2022 ini, pemerintah melonggarkan aturan soal mudik lebaran. Warga diperbolehkan mudik ke kampung halaman, meskipun masih pandemi Covid-19.

Karena itu, Pupuk Kujang Cikampek kembali mengadakan program mudik gratis lebaran tahun ini. Program ini, sudah menjadi agenda tahunan perusahaan di bawah Kementerian BUMN.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang, Robert Sarjaka, mengatakan, tahun ini Pupuk Kujang menyiapkan 2 bus untuk mengantar pemudik ke arah timur Jawa Barat. 

"Kali ini, perusahaan menyiapkan bus untuk mengantar pemudik ke kota-kota di pantura dan jalur selatan Jawa Barat," ujarnya.

Dua armada bus besar tersebut, siap mengantar para pemudik menuju kota-kota di utara Jabar, yaitu Subang, Cirebon, Kuningan, Indramayu. Serta, pemudik yang akan menuju jalur selatan Jabar seperti, Bandung via Cileunyi, Garut, Tasik, Ciamis hingga Pangandaran. 

Pupuk Kujang, ingin berkontribusi membantu masyarakat yang ingin mudik. Apalagi, setelah dua tahun tidak mudik karena didera pandemi. 

"Kami menyelenggarakan mudik gratis atas arahan Kementerian BUMN meskipun mudik gratis ini rutin kita laksanakan," ujarnya.

Robert menuturkan, program mudik gratis adalah program tahunan yang rutin diselenggarakan Pupuk Kujang sejak tahun 2012. Di tahun ini, perusahaan mendapat kepercayaan untuk ikut serta dalam program Mudik sehat BUMN. 

Menurut Robert, mudik gratis ini secara garis besar untuk memberikan pilihan kepada masyarakat untuk bisa melepas rindu ke kampung halaman. Sebab, tak sedikit masyarakat yang sudah rindu karena dua tahun tidak lebaran di kampung halaman. 

Alhasil untuk menanggulangi potensi kemacetan luar biasa di musim mudik tahun ini, kementerian BUMN dan seluruh perusahaan milik negara turut berupaya mengurangi potensi kemacetan. Serta  menyediakan fasilitas mudik yang sehat, aman dan nyaman. 

"Mudik gratis ini, tentunya sudah sesuai prokes yang ketat. Serta, pesertanya juga sudah mendapat vaksinasi sampai tingkat booster," jelasnya.(K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran pupuk kujang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top