Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lewat Proyek NFT, Anak Muda Bandung Lestarikan Gajah

Semangat konservasi terhadap satwa ini menjadi salah satu hal yang diusung Gadjah Society NFT, sebuah proyek NFT yang digawangi anak-anak muda pelaku ekosistem crypto blockchain di Bandung.
Proyek yang diusung Gadjah Society NFT
Proyek yang diusung Gadjah Society NFT

Bisnis.com, BANDUNG - Upaya pelestarian satwa gajah kini tak cuma bisa dilakukan dengan cara konvensional. Dengan adaptasi teknologi terkini, setiap orang dapat berkontribusi melalui karya dan apresiasi atas karya digital.

Semangat konservasi terhadap satwa ini menjadi salah satu hal yang diusung Gadjah Society NFT, sebuah proyek NFT yang digawangi anak-anak muda pelaku ekosistem crypto blockchain di Bandung.

Gadjah Society NFT merupakan proyek sosial yang mempertemukan seniman dan kolektor non fungible token/NFT dalam sebuah wadah untuk bertransaksi dan berjejaring. Tak sekadar melalui gubahan dan apresiasi karya, Gadjah Society NFT juga hendak berkontribusi secara langsung kepada komunitas lewat upaya pelestarian atawa konservasi satwa gajah.

Skemanya, Gadjah Society NFT bakal memberikan 10% dari royalti penjualan aset NFT yang dibeli oleh kolektor. Apabila 100 NFT sudah terjual, persentase royalti naik menjadi 20-40%.

"Pada mulanya proyek Gadjah Society NFT ini dibangun sebagai bentuk dukungan kami terhadap artist dan komunitas NFT. Namun tidak hanya itu, kami ingin terlibat lebih jauh secara positif dan memberi dampak lebih di dunia nyata. Karena itu kami menjadikan Gadjah Society NFT sebagai social project di mana kami mendukung konservasi-konservasi hewan gajah," kata Founder sekaligus Project Lead Gadjah Society NFT Muhammad Fauzan Iskandar, Jumat (18/2/2022).

Gadjah Society NFT merupakan salah satu NFT pertama dari Indonesia yang berfokus pada isu konservasi alam. Jadi di samping sebagai art piece yang collectible, Gadjah Society NFT juga memiliki utility spesifik, khususnya untuk hewan gajah dan alam tempat tinggalnya.

Keuntungan dari royalti penjualan aset NFT tak cuma dialirkan untuk konservasi satwa, namun juga memberikan benefit khusus bagi para kolektor atau holder dari NFT Gadjah Society yaitu free trip ke Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

Project Gadjah Society NFT diinisiasi oleh beberapa member komunitas Gajah Crypto yang berinisiatif untuk membangun proyek NFT bertemakan gajah. Penamaan Gadjah Society NFT sendiri dipilih lantaran banyak anggota dari komunitas Gajah Crypto adalah alumni dari "kampus gajah" alias ITB. Profil gajah yang dikenal sebagai satwa yang suka belajar dan berbagi, menjadi landasan filosofis tersendiri yang hendak ditampilkan melalui Gadjah Society NFT.

"Nama society sendiri diambil sebagai wujud harapan bahwa proyek NFT ini bukan hanya sekadar jual-beli, tapi juga menjadi sebuah komunitas yang erat dan kuat. Dengan dasar nilai-nilai komunitas, harapannya setiap pihak yang terlibat dapat merasakan keakraban dan dukungan. Di sini kita bisa terbuka dan sebagai developer, kami pun menerima setiap saran hingga kritik yang masuk dan berusaha bersama-sama untuk terus maju dan berkembang," ujar Fauzan.

Cofounder sekaligus Advisor Gadjah Society NFT, Nur Islami Javad mengatakan Gadjah Society NFT membuka keanggotaan terbuka bagi masyarakat luas yang berminat bergabung dalam project ini. Syaratnya sederhana dan tidak dikenakan biaya, yakni dengan join discord Gadjah Society NFT di https://discord.com/invite/gadjahsociety. Saat ini sudah ada lebih dari 600 anggota yang terdaftar.

Setelah bergabung, member akan bertemu dengan anggota-anggota komunitas baru. Komunitas ini dapat menjadi sarana untuk saling bertukar tangkap berbagi ilmu maupun hobi bersama. Hal tersebut didukung berbagai fitur dan channel dalam Discord Community Gadjah.

"Jadi tidak wajib menjadi NFT holder untuk menjadi komunitas dari Gadjah Society. Namun memang NFT holder akan mendapatkan keuntungan spesial, beberapa di antaranya seperti merchandise dan utilities," kata dia.

Seluruh collectible art piece NFT dari Gadjah Society ini akan bersifat publik di marketplace OpenSea dalam beberapa hari ke depan. Gadjah Society menggunakan jaringan ERC-721A yang merupakan modifikasi terbaru dari jaringan ERC-721 oleh Ethereum. Jaringan ini merupakan salah satu jaringan paling prestisius di dunia NFT. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper