Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Makin Moncer, Kata Analis Soal Saham BJBR: BUY!

Analis pasar modal memandang optimistis pada kinerja moncer yang diraih PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB selama kurun waktu 2021 pada performa BJB ke depan.
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id

Bisnis.com, BANDUNG — Analis pasar modal memandang optimistis pada kinerja moncer yang diraih PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB selama kurun waktu 2021 pada performa BJB ke depan.

Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya dalam risetnya memberikan rekomendasi BUY untuk saham Bank BJB dengan target price di Rp1.900. Andrey menjelaskan, sinergi dengan bank daerah lain, terutama dalam berbagi platform digital dan meningkatkan ekosistem, juga dapat meningkatkan pendapatan fee Bank BJB.

“Perusahaan juga telah memperoleh komitmen dana untuk rights issue, yang diharapkan akan selesai awal bulan depan. Ini kemungkinan akan membukukan pendapatan yang kuat, sementara pertumbuhan pinjaman juga akan meningkat tahun ini,” kata Andrey dikutip Rabu (16/2/2022).

Pertumbuhan bisnis anorganik Bank BJB juga diprediksi akan meningkat seiring dengan rencana kolaborasi dengan 4 hingga 5 bank daerah untuk berbagi infrastruktur. Bank BJB jugadinilai sangat tepat mengeksekusi peraturan baru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penambahan modal perbankan, terutama bank kecil di jaringan daerah yang masih memiliki modal minim. 

“Hal ini membuka peluang untuk berbagi infrastruktur, menciptakan dan meningkatkan sinergi dengan bank daerah. Hal ini juga dapat membuka peluang yang saling menguntungkan bagi bank daerah, karena mereka berupaya memenuhi persyaratan modal minimum Rp3 triliun, sebagaimana diwajibkan oleh OJK hingga akhir 2022,” tuturnya.

Bulan lalu, BJBR menandatangani nota kesepahaman dengan bank daerah lain untuk memperbaiki ekosistem keduanya. Untuk Memperkuat eksistensi BPD, Bank BJB juga membuka peluang konsolidasi dengan BPD lain.

Andrey juga menilai hajatan right issue yang akan dilaksanakan Bank BJB juga diprediksi berjalan mulus mengingat para pemegang saham memberikan komitmen untuk pendanaan, apalagi strategi ini akan digunakan untuk ekspansi bisnis BJB. 

Di sisi lain, dengan skala ekonomi yang lebih baik, ia yakin BJBR akan mampu menekan biayanya – terutama yang terkait dengan pengembangan platform digital.

“Rencana peluncuran aplikasi super digital Bank BJB dalam waktu dekat, di tengah tren pengguna telepon selular pintar yang besar, dan terus meningkat, diprediksi akan semakin meningkatkan pendapatan Bank BJB dari sisi fee base income,” tuturnya.

Sementara itu, di tengah tantangan ekonomi dampak pandemi imbas kemunculan varian Omicron, juga kemungkinan kenaikan suku bunga bank indonesia, RHB Sekuritas optimis bahwa pertumbuhan pinjaman Bank BJB pada tahun ini tetap akan positif, naik dikisaran 9-11 persen, didorong perbaikan pinjaman di sektor mikro, dan pertumbuhan pinjaman korporasi dan komersial yang tetap kuat.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Bank BJB, mulai jaringan luas, layanan perbankan lengkap, dan juga terus menjalin kolaborasi dengan perbankan dan juga start up, akan membuat kinerja Bank BJB semakin solid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper