Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Bandung Kejar Titel Kota Kreatif pada 2030 mendatang

Dalam 9 tahun ini, Pemkot Bandung bakal memaksimalkan kreativitas warganya agar mencapai titel Kota Kreatif pada 2030.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  14:03 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulayana
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulayana

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung menargetkan mampu menjadi Kota Kreatif pada 2030 mendatang. Dalam 9 tahun ini, Pemkot Bandung bakal memaksimalkan kreativitas warganya agar mencapai titel tersebut.

Kota Bandung memang menjadi kota dengan ragam kuliner, fesyen, kerajinan hingga inovasi lainnya yang menjadi keunggulan dibanding dengan daerah lainnya.

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Kota Bandung tersebut, Pemkot Bandung menggandeng salah satu jasa konsultan branding terbesar, Markplus Inc.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulayana mengatakan kerja sama ini dibangun sebagai bentuk mencari branding terbaik untuk Kota Bandung.

"Bandung ini punya banyak sekali potensi. Kami ingin menonjolkan satu potensinya sebagai branding untuk Kota Bandung dalam jangka waktu yang lama. Agar Bandung bisa menjadi kota dunia," ujar Yana.

Founder and Chairman Markplus, Hermawan Kartajaya menjabarkan, jika konsep branding terbaik untuk Bandung sampai 2030 adalah Bandung Kota Kreatif.

"Kreatif ini dalam banyak hal. Bukan hanya dari industri ekonomi kreatif, tapi juga dari segi kreativitas berbasis seni dan lingkungan," jelas Hermawan.

Menurut Hermawan, meski isu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memang tergolong seksi, tapi Kota Bandung harus mencari strategi lain dengan sudut pandang yang lebih makro.

"Semua kota akan mengembangkan UMKM. Tapi saya pikir, Kota Bandung bisa meningkatkan di segi industri kreatif. Bandung Barat jadi wisata agronya, sedangkan Kota Bandung jadi industri kreatif berbasis seni," jelasnya.

Bahkan, imbuh Hermawan, dari segi lingkungan pun bisa menjadi kreativitas tersendiri yang bisa dikembangkan Kota Bandung.

"Harapannya, Kota Bandung juga nanti bisa membuat pengolahan sampah menjadi energi terbarukan," tuturnya.

Sementara itu, pada 2020 lalu terdapat sekitar 116 kota yang sudah tergabung dalam kota kreatif atau UNESCO Creative City Network yang terbagi menjadi tujuh kategori.

Adapun kategori yang ada antara lain Kerajinan & Kesenian Rakyat, Desain, Film, Gastronomy, Sastra, Media, dan Seni Musik. Dalam hal ini, Kota Bandung terpilih dalam kategori desain. (K34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri kreatif pemkot bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top