Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 di Kota Bandung Naik, Tempat Isoman di Tiap Kecamatan Diaktivasi

Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya dengan menyiapkan kembali tempat isolasi mandiri (isoman) di seluruh kecamatan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  14:25 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya dengan menyiapkan kembali tempat isolasi mandiri (isoman) di seluruh kecamatan.

Perlu diketahui, kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung pada beberapa hari ini mengalami kenaikan.

"Prinsipnya kewilayahan menyediakan isoalasi mandiri, semua 30 kecamatan siap. Mudah-mudahan tidak terpakai (tempat isoman)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Menurut Yana, hal tersebut merupakan gerak cepat Pemkot Bandung dalam meminimalisasi beban rumah sakit terkait ketersediaan tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR).

"Sesuai arahan pemerintah pusat, karena Omicron itu gejalanya relatif ringan, diharapkan tidak semua itu lari ke rumah sakit. Sehingga tidak membebani rumah sakit dan membuat BOR-nya tinggi, " tutur Yana.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan masyarakat tetap waspada dan tak abai terhadap pandemi Covid-19.

"Kami dorong untuk terus melaksanakan sosialiasi, ini sebagai upaya. Satpol PP di kewilayahan juga harus terus mengingatkan masyarakat," katanya.

Soal Covid-19, Tedy juga menyatakan, kecamatan telah memiliki anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kami anggarkan khusus wilayah yang cukup memadai untuk penanganan Covid-19. Anggaran itu dimanfaatkan," ucapnya.

Sedangkan Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Firman Nugraha menerangkan, seluruh kecamatan di Kota Bandung kembali menyiapkan ruang isoman. Langkah ini sebagai antisipasi terjadinya peningkatan kasus.

"Diingatkan kembali oleh Satgas untuk mempersiapkan dan cek kembali tempat. Memang kita tengah menyediakan manakala terjadi kasus," ujar Firman.

Ia pun memastikan, akan terus berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) terkait penanganan penyebaran Covid-19 di tiap wilayah.

"Kita terus koordinasi dengan Forkopimcam, terus kita pantau juga, " ujarnya. (K34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung Covid-19 omicron
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top