Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 di Kota Bandung Naik, Tempat Isoman di Tiap Kecamatan Diaktivasi

Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya dengan menyiapkan kembali tempat isolasi mandiri (isoman) di seluruh kecamatan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya dengan menyiapkan kembali tempat isolasi mandiri (isoman) di seluruh kecamatan.

Perlu diketahui, kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung pada beberapa hari ini mengalami kenaikan.

"Prinsipnya kewilayahan menyediakan isoalasi mandiri, semua 30 kecamatan siap. Mudah-mudahan tidak terpakai (tempat isoman)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Menurut Yana, hal tersebut merupakan gerak cepat Pemkot Bandung dalam meminimalisasi beban rumah sakit terkait ketersediaan tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR).

"Sesuai arahan pemerintah pusat, karena Omicron itu gejalanya relatif ringan, diharapkan tidak semua itu lari ke rumah sakit. Sehingga tidak membebani rumah sakit dan membuat BOR-nya tinggi, " tutur Yana.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan masyarakat tetap waspada dan tak abai terhadap pandemi Covid-19.

"Kami dorong untuk terus melaksanakan sosialiasi, ini sebagai upaya. Satpol PP di kewilayahan juga harus terus mengingatkan masyarakat," katanya.

Soal Covid-19, Tedy juga menyatakan, kecamatan telah memiliki anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kami anggarkan khusus wilayah yang cukup memadai untuk penanganan Covid-19. Anggaran itu dimanfaatkan," ucapnya.

Sedangkan Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Firman Nugraha menerangkan, seluruh kecamatan di Kota Bandung kembali menyiapkan ruang isoman. Langkah ini sebagai antisipasi terjadinya peningkatan kasus.

"Diingatkan kembali oleh Satgas untuk mempersiapkan dan cek kembali tempat. Memang kita tengah menyediakan manakala terjadi kasus," ujar Firman.

Ia pun memastikan, akan terus berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) terkait penanganan penyebaran Covid-19 di tiap wilayah.

"Kita terus koordinasi dengan Forkopimcam, terus kita pantau juga, " ujarnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper