Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Bandung Gelar Operasi Pasar Murah di 6 Titik

Pelaksanaan OPM di enam kecamatan tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat yang berbatasan dengan kabupaten kota lain dan jauh dari wilayah perkotaan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 09 Mei 2021  |  11:48 WIB
OPM di Kabupaten Bandung
OPM di Kabupaten Bandung

Bisnis.com, BANDUNG - Pemkab Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di enam kecamatan yakni Nagreg, Kertasari, Pacet, Pangalengan, Rancabali dan Cimenyan.

“Operasi pasar murah ini digelar, tentunya untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu, terutama menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H dan di masa pandemi covid-19 ini,” ungkap Bupati Dadang Supriatna Minggu (9/5/2021).

Dia menjelaskan, pelaksanaan OPM di enam kecamatan tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat yang berbatasan dengan kabupaten kota lain dan jauh dari wilayah perkotaan. Dalam OPM tahun ini, Disperindag hanya menyediakan sejumlah 8.700 paket yang terdiri dari 5kg beras, 2 liter minyak goreng dan 2kg gula pasir.

“Dengan alokasi APBD yang terbatas saat ini, 8.700 paket pasti masih kurang. Harus dimapping idealnya menyediakan berapa paket, mengingat jumlah penduduk kita mencapai 3,7 juta jiwa atau sekitar 1 juta KK. Saya akan minta Disperindag berkoordinasi dengan pihak Bulog, untuk menggelar OPM di kecamatan lainnya,” tandas bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Dalam program OPM itu, masyarakat hanya membayar setengah dari harga normal. Untuk harga per paket, biasanya dipatok harga Rp.150 ribu. Namun warga hanya membayar sebesar Rp.75 ribu saja.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bandung Marlan menyatakan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) selama bulan suci dan menjelang lebaran sudah dikoordinasikan dengan Bulog dan pihak lainnya.

“Kita terus pantau ketersediaan dan harganya di pasaran, yang biasanya saat lebaran itu harga melonjak. Dengan adanya pemantauan dan OPM, itu biasanya ketersediaan pangan dan harganya lebih stabil,” pungkas Marlan yang juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag itu. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabupaten bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top