Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bupati Bandung Genjot Pengerukan Sungai di 4 Kecamatan

Program lingkungan penanganan banjir tersebut, merupakan implementasi salah satu prioritas program 99 hari kerja Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  15:33 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Bupati Bandung Dadang Supriatna mulai melakukan pengerukan sungai-sungai yang melintasi Kabupaten Bandung. Sungai-sungai tersebut dikeruk lantaran kerap meluap saat hujan deras dan mengakibatkan banjir.

"Saya akan langsung turun ke lapangan. Akan saya pantau minimal seminggu sekali untuk melihat perkembangannya. Mulai Senin Pa Kadis PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) juga akan mempersiapkan pengerukan di tiga kecamatan lainnya," ucap Dadang, Jumat (7/5/2021).

Program lingkungan penanganan banjir tersebut, merupakan implementasi salah satu prioritas program 99 hari kerjanya. Selain Cicalengka, rencananya revitalisasi sungai juga akan dilakukan di Rancaekek, Cikancung dan Bojongsoang.

"Panjangnya kurang lebih sekitar 10km, dibiayai sebagian dari APBD. Karena kondisi APBD kita sudah berjalan dan terbatas, sehingga saya minta kerja sama terutama kepada para pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, untuk bisa sama-sama membantu," imbuh Kang DS sapaan akrabnya.

Pengerjaan kolaborasi antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan DPUTR itu, akan melakukan normalisasi Sungai Citarik dan sungai pembuangnya sepanjang 5 km. Normalisasi dilakukan dalam 2 tahap. Di mana tahap 1 sepanjang 2 km dianggarkan tahun ini, sedangkan tahap 2 sepanjang 3 km, dianggarkan pada 2022.

"Jadi hulu dan hilirnya akan dilaksanakan normalisasi, mudah-mudahan upaya ini bisa memininalisir terjadinya banjir," harapnya.

Selain revitalisasi sungai, ia juga memfokuskan pembenahan lingkungan dari sisi penanganan sampah. "Selain pengerukan ini, saya minta juga kepada Kadis LH (Lingkungan Hidup) untuk mempersiapkan bagaimana sampah bisa menghilang di Kabupaten Bandung. Insyaa Allah kita akan sukses di bidang lingkungan," pungkas Kang DS. (k34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabupaten bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top