Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Daring di Mbizmarket Naik, Biro PBJ Jabar Genjot Kepesertaan OPD

Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Jawa Barat terus melakukan diseminasi kepada seluruh Perangkat Daerah yang belum bertransaksi menggunakan Platform Mbizmarket.
Kepala Biro PBJ Jawa Barat Ika Mardiah (kiri)
Kepala Biro PBJ Jawa Barat Ika Mardiah (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG — Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Jawa Barat terus melakukan diseminasi kepada seluruh Perangkat Daerah yang belum bertransaksi menggunakan Platform Mbizmarket.

Kepala Biro PBJ Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan belanja daring lewat platform Mbizmarket oleh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menunjukan peningkatan yang signfiikan sejak transaksi via Mbizmarket resmi dimulai pada Februari 2020 lalu.

Bahkan pada masa pandemi Covid-19 implementasi PBJ Jabar Berdering (Berbelanja di Toko Daring) dirasakan makin memberi kemudahan terutama untuk transaksi Belanja Alat Kesehatan dan Belanja Darurat lainnya yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Tercatat sepanjang 2020 lalu, total User Perangkat Daerah sebanyak 680 akun, total produk yang ditayangkan sebanyak 12.769 produk, penyedia sebanyak 958 perusahaan; Total Transaksi BTT sebesar Rp.371 miliar dan Non BTT sebesar Rp 10,7 miliar,” tuturnya dalam keterangan resmi Minggu (25/4/2021).

Ika melaporkan Biro PBJB juga telah mendorong Mbizmarket untuk bergabung dengan aplikasi Bela Pengadaan milik LKPP, sehingga saat ini Mbizmarket dapat diakses melalui aplikasi Bela Pengadaan. hasilnya progres transaksi Platform Mbizmarket dari 1 Januari 2021 sampai dengan 31 Maret 2021 menunjukan perkembangan yang makin signifikan.

Menurutnya pada periode Januari-Maret 2021 jumlah perangkat daerah/Biro yang telah menggunakan Platform Mbizmarket sebanyak 23 Perangkat Daerah, dan yang belum menggunakan 23 Perangkat Daerah. Semengara akun aktif sebanyak 318 User yang terdiri dari akun Pejabat Pengadaan, akun Pejabat Pembuat Komitmen, dan Akun Bendahara Pengeluran Pembantu pada masing masing Perangkat Daerah.

“Jumlah akun penyedia sebanyak 233 User dengan total produk yang telah ditayangkan oleh masing-masing penyedia sebanyak 5.035 produk. Jumlah total transaksi sebesar Rp 5,6 miliar,” katanya.

Ika memastikan proses diseminasi pada perangkat daerah yang belum bertransaksi menggunakan Platform Mbizmarket akan terus dilakukan sesuai dengan target Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi dan Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi Tahun 2021-2022 yaitu penggunaan Bela Pengadaan dan atau Pengadaan Langsung Secara Elektronik lainnya.

Sukses implementasi Belanja di Toko Daring menggunakan Platform Mbizmarket di Jawa Barat menurutnya juga dijadikan benchmark oleh Tim Koordinasi dan Supervisi KPK dan Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

“Karena mekanisme pembelanjaan dan pembayaran telah sesuai dengan peraturan pengadaan dan peraturan penatausahaan keuangan daerah. KPK sudah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap penggunaan Platform Mbizmarket sebagai Praktik Baik Pencegahan Korupsi pada Acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi 2020, lalu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper