Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digagas Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Hasil Revitalisasi Dibuka untuk Umum

Alun-alun Kejaksan yang berada di jantung Kota Cirebon, Jawa Barat, akhirnya resmi dibuka untuk umum pada Senin (12/4/2021), setelah sebelumnya sempat dihentikan pembangunannya akibat pandemi Covid-19.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 12 April 2021  |  11:35 WIB
Alun-alun Kejaksan yang berada di jantung Kota Cirebon akhirnya resmi dibuka untuk umum pada Senin (12/4 - 2021)
Alun-alun Kejaksan yang berada di jantung Kota Cirebon akhirnya resmi dibuka untuk umum pada Senin (12/4 - 2021)

Bisnis.com, CIREBON - Alun-alun Kejaksan yang berada di jantung Kota Cirebon, Jawa Barat, akhirnya resmi dibuka untuk umum pada Senin (12/4/2021), setelah sebelumnya sempat dihentikan pembangunannya akibat pandemi Covid-19.

Pantauan Bisnis.com, sesaat setelah dibuka oleh Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati dan Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Alun-alun Kejaksan langsung diserbu oleh pengunjung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, pembangunan Alun-alun Kejaksan merupakan hibah dari tim akselerasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Arsitektur landmark Kota Cirebon tersebut pun, menurut Agus, mengakulturasi budaya lokal Cirebon dan modern.

"Hadirnya Alun-alun Kejaksan ini sebagai upaya mengimplementasikan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah," kata Agus di Kota Cirebon, Senin (12/4/2021).

Agus mengatakan, pembangunan alun-alun dimulai pada 2019 dan proses penciptaan sketsanya langsung oleh Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil dan selesai pada awal 2021.

"Tempat ini menyediakan ruang publik,  lapangan upacara, olahraga, RTH, pusat UMKM, dan fungsi memorial," kata Agus.

Anggaran revitalisasi Alun-alun Kejaksan bersumber dari Provinsi Jawa Barat. Pada tahap pertama di 2019, dianggarkan sebesar Rp30 miliar. Kemudian pada tahap kedua Maret 2020, dianggarkan Rp14,2 miliar.

Rencana revitalisasi Alun-alun Kejaksan bermula saat Ridwan Kamil melakukan salat subuh berjemaah di Masjid At Taqwa, Minggu (15/9/2019).

Di hadapan ratusan warga Kota Cirebon, Ridwan Kamil menyebut alun-alun di pusat Kota Udang ini bakal menjadi yang terbaik, melalui program Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top