Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indramayu Dilintasi Sesar Baribis, BPBD Ingatkan Warga Soal Gempa

Kabupaten Indramayu masuk ke dalam daerah yang dilintasi oleh Sesar Baribis. Wilayah di timur Provinsi Jawa Barat ini berpotensi dilanda bencana gempa berkekuatan tinggi dari patahan tersebut.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 14 Maret 2021  |  14:08 WIB
Pemantauan Sesar Baribis oleh petugas BPBD Kabupaten Indramayu.
Pemantauan Sesar Baribis oleh petugas BPBD Kabupaten Indramayu.

Bisnis.com, CIREBON - Kabupaten Indramayu masuk ke dalam daerah yang dilintasi oleh Sesar Baribis. Wilayah di timur Provinsi Jawa Barat ini berpotensi dilanda bencana gempa berkekuatan tinggi dari patahan tersebut.

Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Caya mengatakan banyak warga di Indramayu yang belum mengetahui adanya sesar tersebut.

"Sesar ini dapat memicu gempa bumi dikarenakan pergerakan aktif yang ditimbulkan oleh Sesar Baribis tersebut. Masyarakat diminta waspada dan berhati-hati terhadap pergerakan Sesar Baribis," kata Caya di Kabupaten Majalengka, Minggu (13/3/2021).

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Indramayu, ada dua kecamatan yang tepat berada di atas Sesar Baribis, yaitu Kecamatan Terisi dan Gantar.

Caya mengatakan, pada awal penelitian yang dilakukan pihak terkait, hanya ada satu kecamatan yaitu Terisi. Namun, kajian dari Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM terbaru menyebutkan dua wilayah.

"Status di kedua kecamatan itu berada di level menengah sampai tinggi," kata Caya.

Dilanjutkan Caya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan bantuan alat pendeteksi gempa Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Alat yang diberikan oleh BMKG sebanyak dua. Keduanya dipasang di Kantor BPBD Kabupaten Indramayu dan di Kecamatan Cikedung.

Caya menyebutkan, pihaknya pun terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bencana gempa bumi, sehingga nantinya masyarakat bisa menyelamatkan diri bila terjadi bencana tersebut.

“Edukasi terus kami lakukan, apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa dan lain sebagainya,” kata Caya.

Berdasarkan informasi, selain Kabupaten Indramayu, Sesar Baribis pun melintang di Kabupaten Sumedang, Majalengka, Purwakarta, Karawang, Cibatu (Bekasi), Jakarta, Tangerang, hingga Rangkasbitung. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indramayu
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top