Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Calon Ketua IA ITB Gagas Program Penyediaan Air Bersih

Menurut alumni Teknik Mesin ITB 2003 itu, salah satu penyebab kasus stunting adalah minimnya ketersediaan air bersih yang dapat dikonsumsi warga.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  15:59 WIB
Gembong Primadjaya
Gembong Primadjaya

Bisnis.com, BANDUNG—Calon Ketua Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) Gembong Primadjaya menyoroti persoalan kasus stunting di Provinsi Jawa Barat.

Koordinator Tim Gemilang Solid Ganesha, Abdul Lucky mengatakan, kondisi tersebut menarik perhatian Gembong Primadjaya. Terlebih, kata dia, berdasarkan data yang dikantonginya, masih banyak kasus stunting dialami warga Jabar.

Menurut alumni Teknik Mesin ITB 2003 itu, salah satu penyebab kasus stunting adalah minimnya ketersediaan air bersih yang dapat dikonsumsi warga.

Oleh karenanya, lanjut dia, Gembong Primadjaya melalui Tim Solid Gemilang Solid Ganesha menggagas program bantuan penyediaan air bersih lewat bantuan pompa hidran atau rump pump.

Bantuan tersebut diberikan kepada warga kampung di daerah-daerah terpencil, khususnya yang belum terjangkau layanan listrik seperti yang dialami warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, selama ini, warga Desa Mekarmukti masih kesulitan mendapatkan air bersih. Namun, kini mereka bersuka cita setelah mendapatkan program bantuan tersebut. Suka cita warga Desa Mekarmukti tersebut diwujudkan melalui kegiatan syukuran bersama warga Desa Mekarmukti, Kamis (11/3/2021).

"Selama ini, meskipun Indonesia sudah 76 tahun merdeka, masyarakat di sana harus mengambil air turun ke sungai berjarak 300 meter, mendaki tebing setinggi 30 meter hingga sampai ke bibir sungai," tutur Lucky dalam keterangan resminya Jumat (12/3/2021).

Berkat bantuan pompa hidram itu, warga Desa Mekarmukti kini tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mendapatkan air karena mereka tinggal mengambil air bersih ke bak reservoir yang ditempatkan di tengah-tengah kampung.

Sementara itu, Gembong Primadjaya mengatakan, program bantuan pompa hidram tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya dalam membantu pemerintah menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi warga, seperti persoalan air bersih.

"Ada banyak masalah yang dihadapi bangsa ini. Karena itu, sudah menjadi tugas kita sebagai alumni ITB untuk bersatu membantu pemerintah mencari solusi dari berbagai masalah," katanya.

Lewat gerakan tersebut, Gembong juga memperkenalkan slogan #AyoBeresinBareng yang maknanya bersama-sama bahu membahu membereskan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, sehingga keberadaan alumni ITB khususnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Diketahui, stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya menyebabkan tubuh pendek, stunting juga memiliki banyak dampak buruk bagi anak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top