Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Metropolitan Rebana: Geliat Wisata di Jatigede Sumedang

Geliat wisata di Waduk Jatigede dioptimalkan untuk menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  15:55 WIB
Suasana kawasan wisata Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang - Bisnis/Rachman
Suasana kawasan wisata Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, ‎SUMEDANG - Geliat wisata di Waduk Jatigede dioptimalkan untuk menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

‎Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir terus mempromosikan wisata Jatigede kepada wisatawan di berbagai forum. Tujuannya agar wisatawan bisa berlama-lama di Sumedang dan menjadikan Sumedang Kota Wisata.

Jatigede memang menyajikan wisata alam yang memesona. Hamparan air dengan beberapa pulau kecil di tengahnya membawa pelancong untuk relaksasi dengan ditemani kopi ataupun kelapa yang dijual oleh pedagang yang merupakan warga sekitar.

Saat ini, ada area landing paralayang yang dibentuk sedemikian rupa hingga akhirnya cocok dan bagus untuk dijadikan spot selfie anda bersama keluarga.

Selain itu, ada juga area Buricak Burinong yang saat ini pembangunannya tengah disempurnakan. Area ini menawarkan tempat kuliner yang rencananya akan diisi oleh UMKM-UMKM asli warga daerah Jatigede.

Lokasinya sangat strategis, jika anda kebetulan pecinta senja, ada baiknya datang pada sore hari agar bisa menikmati suasana sore dan jika anda beruntung, anda bisa mendapati cahaya mega kemerahan yang tambah indah saat dipantulkan oleh air Jatigede.

Pemkab Sumedang memang serius untuk menjadikan Jatigede area wisata unggulan. Kita bisa memilih area wisata, seperti Puncak Darma, Panenjoan, Tegaljarong, Wisata Cisema, Puncak Permata dan banyak lagi.

Masing-masing area wisata memiliki wahana wisata yang berbeda-beda yang tentunya harus anda nikmati satu persatu agar bisa melihat keindahan waduk Jatigede secara menyeluruh.

Akses untuk menuju ke area wisata tersebut memang belum semuanya sempurna, namun anda jangan khawatir, meski masih dalam tahap penyempurnaan, namun kita masih bisa menuju area wisata menggunakan kendaraan pribadi dengan aman dan nyaman.

Jarak dari pusat Kota Sumedang hingga ke Jatigede hanya memakan waktu 40-60 menit saja. Tergantung anda memacu kendaraan.

Setelah usai menikmati wisata alam di Sumedang, jangan lupa untuk menyantap kudapan khas yakni Tahu Sumedang.

Bentuknya yang tidak terlalu besar, berwarna coklat di luar dan putih di dalam dipastikan akan membuat cemilan ini cocok dibawa ke rumah.

Namun, jika disantap dalam keadaan hangat, itu juga lebih baik. Karena renyah kulit dan lembut dalaman tahu Sumedangnya akan sangat terasa.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta.

Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery.

(K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top