Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan SDM, Kota Cirebon Siapkan Diri Jadi Pusat Perdagangan dan Jasa

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, berharap warga di Kota Cirebon tidak hanya menjadi penonton dengan adanya kawasan Metropolitan Rebana yang saat ini mulai dilakukan pembangunan.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  14:30 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, berharap warga di Kota Cirebon tidak hanya menjadi penonton dengan adanya kawasan Metropolitan Rebana yang saat ini mulai dilakukan pembangunan.

Agus mengatakan, perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) pun bakal dilakukan untuk menciptakan daya saing dengan kota lainnya di Kawasan Metropolitan Rebana.

"Pemerintah pusat akan menyiapkan infrastruktur untuk konsep Kawasan Metropolitan Rebana. Nantinya ada pembagian fungsi dan peran di masing-masing daerah,” kata Agus di Kota Cirebon, Rabu (23/12/2020).

Untuk Kota Cirebon, kata Agus, di Kawasan Metropolitan Rebana bakal menguatkan sebagai pusat perdagangan dan jasa. Selama ini pun, pertumbuhan ekonomi yang terjadi sangat signifikan.

"Setelah kawasan ini berdiri berarti semakin signifikan dan pendapatan Kota Cirebon dari sektor perdagangan dan jasa semakin meningkat," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Bappeda Jabar, Iendra Sofyan, menjelaskan Kawasan Metropolitan Rebana tengah didorong menjadi salah satu pembangunan strategis nasional (PSN) di Indonesia

Di Jawa Timur dan Jawa Tengah, pemerintah pusat sudah mengeluarkan Perpres Nomor 79 dan 80 mengenai pengembangan ekonomi berbasis kawasan. "Pemprov Jabar ingin seperti itu,” kata Iendra.

Iendra mengatakan, kawasan ini diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan, melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif.

Peraturan daerah tentang rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) tengah dalam proses revisi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI dan masuk ke perubahan RPJMD Jabar.

"Tapi harapan kami bukan Perda, justru Perpres melalui PSN,” katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top