Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub Jabar Operasi 3M di Cirebon, Sasaran Pengemudi Kendaaran Niaga dan Angkot

Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, melakukan operasi terkait pendisiplinan protokol kesehatan di Terminal Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (26/10/2020). Sasaran operasi itu yakni penumpang serta pengemudi.
Operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi
Operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, melakukan operasi terkait pendisiplinan protokol kesehatan di Terminal Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (26/10/2020). Sasaran operasi itu yakni penumpang serta pengemudi.

Pantauan Bisnis.com di Terminal Sumber, petugas gabungan yang terdiri dari anggota Dishub, TNI, dan Polri, memberhentikan kendaraan yang melintas dari arah Kota Cirebon menuju kantor Pemkab Cirebon.

Sasaran para petugas dalam operasi tersebut yakni, angkutan umum atau kota, mobil bak terbuka, truk pembawa barang, dan mobil box.

Kepala UPTD Dishub Jabar, M Abduh Hamzah, mengatakan, operasi tersebut dilakukan dalam upaya memutus mata penyebaran wabah Covid-19 dengan pendisiplinan melakukan gerakan 3M.

"Operasi itu pun tidak hanya dilakukan di Terminal Sumber, melainkan dibeberapa daerah lain, di antaranya Terminal Indramayu, Terminal Ciledug, dan terminal tipe B lainnya," kata Abduh.

Selama operasi berjalan, sebagian besar para pengemudi dan penumpang, diakui pihak Dishub Jabar, melakukan protokol kesehatan secara baik, yaitu mengenakan masker.

Sebagian kecil lainnya, kata Abduh, masih ditemukan warga yang mengenakan masker tetapi hanya dikaitkan di leher atau pun hanya menutupi mulut.

"Kami edukasi mereka agar pakai masker tidak hanya saat ada razia saja, tetapi disemua aktivitas lainnya. Pengemudi yang tidak mengenakan masker standar pun, kami bagikan," katanya.

Di dalam angkutan umum, kata Abduh, sudah sejak lama menerapkan protokol kesehatan jaga jarak, lantaran dalam setahun terakhir ini angkutan tersebut kurang diminati oleh masyarakat banyak.

Operasi protokol kesehatan yang dilakulan oleh Dishub Jabar dan petugas gabungan lainnya akan dilakukan secara rutin, yakni sebanyal dua kali setiap bulannya.

"Di wilayah Cirebon saya rasa sudah cukup baik dalam penerapan protokol kesehatan, mudah-mudahan menjadi lebih baik," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper