Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pedagang Pasar Baru Protes, Wali Kota Bandung: Saya Utamakan Kesehatan

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut keputusannya untuk memberlakukan sistem buka tutup Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) - Suniaraja merupakan hasil rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang bertujuan untuk mengintervensi penyebaran Covid-19.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 September 2020  |  15:06 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut keputusannya untuk memberlakukan sistem buka tutup Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) - Suniaraja merupakan hasil rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang bertujuan untuk mengintervensi penyebaran Covid-19.

Hal itu berdasarkan evaluasi pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Bandung.

Oded berharap, para pedagang bisa mengerti bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Oleh karenanya, ia tidak ingin makin banyak korban yang berjatuhan.

"Saya berharap mereka paham. Karena ini persoalannya Covid-19," tegas Oded di Kota Bandung, Senin (28/9/2020).

Buka tutup jalan yang dilakukan di Kota Bandung tidak berlangsung sepanjang hari, melainkan dengan pengaturan waktu. Waktu buka-tutup jalan antara lain, pukul 09.00-11.00 WIB, pukul 14.00-16.00 WIB, dan pukul 21.00-06.00 WIB.

Hasil rapat evaluasi AKB bersama Forkompimda pada 24 September 2020 lalu memutuskan bahwa sistem buka tutup ini perlu dilanjutkan. Mengingat angka penambahan kasus Covid-19 di Kota Bandung masih relatif tinggi.

"Kemarin sudah kita rapatkan bersama Forkompimda bahwa keputusannya masih seperti itu (buka-tutup jalan)," ujar Oded.

Pada akhir Agustus 2020 lalu pun pernah ditemukan kasus konfirmasi positif pada seorang pedagang Pasar Baru di salah satu blok. Pemkot Bandung pun telah membatasi aktivitas di blok tersebut selama empat hari.

Oleh karena itu, kendati Oded juga ingin terus menggerakkan ekonomi Kota Bandung, ia tetap akan mengutamakan kesehatan masyarakat, termasuk pedagang dan pembeli di Pasar Baru.

"Saya lebih mengutamakan faktor kesehatan," sambungnya.

Sebelumnya, ratusan pedagang Pasar Baru protes terkait langkah Pemerintah Kota Bandung yang memberlakukan sistem buka tutup jalan di sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) - Suniaraja.

Pedagang mengeluh, sistem buka tutup jalan di akses utama menuju Pasar Baru menyebabkan pendapatan para pedagang menurun drastis. Padahal, di masa pandemi ini para pedagang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan menjajakan dagangannya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top