Jokowi Singgung Segitiga Rebana di Pidato Kenegaraan

Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo di MPR RI menekankan pentingnya pengembangan kawasan Pantai Utara Jawa sebagai super koridor ekonomi, salah satunya kawasan Subang dan Majalengka yang sudah digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai wilayah Segitiga Rebana.
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Bisnis.com, BANDUNG - Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo di MPR RI menekankan pentingnya pengembangan kawasan Pantai Utara Jawa sebagai super koridor ekonomi, salah satunya kawasan Subang dan Majalengka yang sudah digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai wilayah Segitiga Rebana.

Penekanan tersebut disampaikan dalam pidato kenegaraan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD Tahun 2020 yang disiarkan langsung dalam youtube Sekretariat Kepresidenan, Jumat (14/8/2020).

Presiden Jokowi dalam pemaparan terkait rencana kemandirian ekonomi turut membahas rencana membangun kawasan-kawasan industri.

“Termasuk pembangunan super koridor ekonomi pantai utara Jawa. Kawasan Industri Batang serta Subang-Majalengka sedang dikembangkan dalam waktu singkat, dirancang untuk mampu mengundang investasi berkualitas, yang bersinergi dengan UMKM kita, yang memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional, serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,” katanya.

Jokowi memastikan selain kawasan Pantai Utara Jawa, kawasan industri serupa juga akan dibangun di berbagai daerah di seluruh Indonesia, yang selalu bersinergi dengan kewirausahaan masyarakat dan UMKM, untuk menyediakan kesempatan kerja bagi generasi muda yang belum bekerja, dan meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok negeri.

“Oleh karena itu, ekosistem nasional yang kondusif bagi perluasan kesempatan kerja yang berkualitas harus kita bangun. Penataan regulasi harus kita lakukan. Regulasi yang tumpang tindih, yang merumitkan, yang menjebak semua pihak dalam risiko harus kita sudahi,” ujarnya.

“Semua ini kita dedikasikan untuk perekonomian nasional yang adil, untuk kepentingan yang sudah bekerja, untuk kepentingan yang sedang mencari kerja, untuk mengentaskan kemiskinan, dengan menyediakan kesempatan kerja yang berkualitas seluas-luasnya. Kita ingin semua harus bekerja. Kita ingin semua sejahtera,” katanya.

Kawasan Segitiga Rebana sendiri merupakan kawasan yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai kawasan ekonomi super yang melibatkan tiga wilayah utama yakni Cirebon, Patimban Subang dan Kertajati, Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper