Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selamatkan Pariwisata, Disparbud Jabar Terus Sosialisasikan Gerakan BISA

Di Provinsi Jawa Barat, program BISA sudah berjalan di sejumlah wilayah di antaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Tasikmalaya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik/Bisnis-Wisnu Wage
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) guna mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk berwisata dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Program ini diselenggarakan di 16 provinsi seluruh indonesia. Di Provinsi Jawa Barat, program ini sudah berjalan di sejumlah wilayah di antaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Tasikmalaya. Ratusan peserta terlibat, terdiri dari relawan, tenaga kerja dan pelaku pariwisata dengan sasaran destinasi wisata alam.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik mengatakan Gerakan BISA adalah Gerakan Padat Karya yang merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo, untuk gerakan perlindungan sosial bagi pelaku dan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di destinasi wisata alam untuk menghadapi kondisi normal baru pasca Covid-19.

"Gerakan ini juga fokus terhadap kesehatan. Bagaimana kesehatan menjadi modal utama dalam strategi pemulihan pariwisata di masa pandemi COVID-19. Ini juga sebagai upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat," kata Dedi Taufik, Kamis (30/7/2020).

Di sisi lain, kedisiplinan dalam implementasi protokol kesehatan tetap harus menjadi perhatian utama. Pengelola destinasi wisata harus menyediakan fasilitas, seperti tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh serta protokol jaga jarak harus tetap diperhatikan.

Menurutnya dalam perubahan industri pariwisata yang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru,Gerakan BISA bertujuan untuk memberdayakan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat yang terdampak ekonominya.

“Gerakan ini diharapkan dapat membantu mendorong perbaikan indikator health and hygiene dan safety and security di lingkungan destinasi pariwisata untuk peningkatan peringkat TTCI,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper