Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 akan Dipantau 6 Bulan

Relawan yang mengikuti uji klinis calon vaksin Covid-19 akan dipantau selama enam bulan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  11:35 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona - istimewa
Ilustrasi vaksin virus corona - istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -- Relawan yang mengikuti uji klinis calon vaksin Covid-19 akan dipantau selama enam bulan. Selama enam bulan tersebut, para relawan akan didata perkembangan kondisi kesehatannya oleh tim peneliti.

"Semua subjek (relawan) akan diberikan buku catatan. Setiap sakit dia harus mencatat sakit apa, berobat ke mana, minum obat apa. Dari tim kami juga akan memantau setiap bulan. Diharapkan hasil akhirnya kita akan tahu seberapa besar manfaat dari penggunaan vaksin ini," jelas Manajer Lapangan Uji Vaksin Covid-19 UNPAD, Eddi Fadlyana, Selasa (28/7/2020).

Dengan pengujian dengan periode enam bulan menurutnya bisa diketahui apa kelebihan dan kekurangan dari vaksin tersebut. Sehingga, pemerintah akan mengambil langkah berikutnya apakah akan menggunakan vaksin produksi Tiongkok yang sudah ada atau melakukan langkah lain.

Untuk melakukan uji klinis terhadap vaksin Covid-19 di Bandung, ada enam titik yang dijadikan lokasi penelitian. Keenam titik itu adalah Kampus Unpad di Jalan Eyckman dan Dipatiukur, serta Puskesmas Garuda, Dago, Sukapakir, dan Ciumbuleuit.

Nantinya, lokasi penyuntikan vaksin hanya akan ada di enam lokasi itu. Setelah divaksin, relawan yang terlibat dalam program ini tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa. Hal ini selayaknya seseorang yang baru saja diimunisasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita memastikan, pelayanan di empat Puskesmas yang dijadikan lokasi uji klinis tetap akan melayani pelayanan kesehatan. Pasalnya, pengujian vaksin akan dilakukan sesudah pelayanan reguler dilakukan.

"Tidak akan terganggu, karena uji vaksin sesudah beres pelayanan," jelas Rita. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top