Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SMPN 2 Sumber Cirebon Berlakukan Pertemuan Tatap Muka untuk Sebagian Siswa

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tetap akan menerapkan pertemuan tatap muka (PTM) pada tahun ajaran 2020/2021 atau selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  13:59 WIB
Deretan meja belajar yang akan digunakan pada KBM di SMPN 2 Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Deretan meja belajar yang akan digunakan pada KBM di SMPN 2 Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tetap akan menerapkan pertemuan tatap muka (PTM) pada tahun ajaran 2020/2021 atau selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Kepala SMPN 2 Sumber, Rukiyati, mengatakan, meskipun akan diberlakukan PTM, siklus belajar pada era AKB di sekolah tersebut akan pun tetap dilakukan pertemuan jarak jauh (PJJ)‎ dengan kuota murid hanya sebagian saja.

"Jadi, pekan pertama absen satu sampai 16, belajar di sekolah, sedangkan absen 17 sampai 32 di rumah atau dalam jaringan (daring), minggu selanjutnya akan bergilir," kata Rukiyati di Kabupaten Cirebon, Rabu (1/7/2020).

Pantaun Bisnis.com di SMPN 2 Sumber, sejumlah petugas sekolah tengah menata meja yang akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) dan menyiapkan berbagai alat untuk penerapan protokol kesehatan.

Sehingga nantinya, meja yang biasanya digunakan oleh dua siswa‎, akan digunakan oleh satu siswa. Rukiyati menyebutkan, dilakukan sebagai upaya penerapan physical distancing.

"Kami rasa, kalau semua belajar di rumah, materi yang disampaikan tidak terlalu efektif dibandingkan PTM," katanya.

‎Saat pelaksanaan KBM kembali dimulai, setiap siswa wajib mengenakan masker dan sebelum masuk ke dalam area sekolah, wajib mencuci tangan menggunakan sabu yang telah disediakan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Waktu KBM pun akan dipersingkat, yakni dari pukul 07.20 sampai 10.40 WIB.

Pada masa AKB tersebut, Kantin yang berada di dalam sekolah pun akan ditutup sementara waktu dan setiap murid wajib membawa bekal makanan masing-masing, beserta alatnya.

Rukiyati mengatakan, sebelum tahun ajaran 2020/2021 dimulai, pihak SMPN 2 Sumber akan mengumpulkan seluruh orangtua siswa terkait teknis pembelajaran tersebut.

"Salah satu poin yang akan disampaikan nanti, orangtua diminta setiap hari mengantar anak, jangan sampai menggunakan kendaraan umum, untuk menghindari penyebaran virus," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top