Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Desa Pesanggrahan Cirebon Dijadikan Kampung Tangguh

Keberadaan Kampung Tangguh Lembur Tohaga dibentuk untuk mendorong masyarakat memiliki rasa gotong royong, meningkatkan ketahanan pangan, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  13:08 WIB
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua kanan) saat berkunjung ke Desa Pasanggrahan - Bisnis/Hakim Baihaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua kanan) saat berkunjung ke Desa Pasanggrahan - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Desa Pesanggrahan di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diresmikan menjadi Kampung Tangguh Lembur Tohaga Lodaya, yang dibentuk sebagai salah satu upaya penanganan dampak Covid-19.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, keberadaan kampung tersebut dibentuk untuk mendorong masyarakat memiliki rasa gotong royong, meningkatkan ketahanan pangan, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Desa ini menjadi percontohan, bisa diterapkan nantinya di desa-desa lain," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Rabu (1/7/2020).

‎Di kampung tangguh tersebut, beberapa fasilitas ditemukan, ada lumbung desa untuk ketahanan pangan dan posko kesehatan. Kemudian, di desa itu pun disediakan tempat untuk isolasi mandiri.

Imron mengatakan, adanya kampung tangguh ini, bisa mendorong masyarakat untuk lebih mandiri dan tidak selalu mengandalkan bantuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

‎"Pelopor adanya kampung tersebut yakni dari Polresta Cirebon. Diharapkan, adanya penekanan wabah Covid-19," katanya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi menuturkan, ada tiga aksi yang dilakukan di desa tangguh tersebut, yaitu aksi kesehatan, sosial ekonomi, dan keamanan.

Untuk aksi kesehatan, kata Syahduddi, masyarakat diarahkan mendirikan posko kesehatan dan penerapan protokol kesehatan. Kemudian, untuk sosial ekonomi pihak Polresta Cirebon membantu masyarakat menghidupkan UMKM.

"Sedangkan dari segi keamanan, masyarakat diminta menata sistem pengamanan lingkungan‎. Intinya, ini merupakan semangat meningkatkan kesadaran masyarakat," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top