Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Cirebon akan Ditutup Sementara

Aktivitas perekonomian di Pasar Sumber di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk sementara waktu ditutup sementara oleh pemerintah daerah selama 14 hari.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  19:40 WIB
Aktivitas perbelanjaan di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Aktivitas perbelanjaan di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Aktivitas perekonomian di Pasar Sumber di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk sementara waktu ditutup sementara oleh pemerintah daerah selama 14 hari.

Penutupan tersebut berlaku mulai Jumat (29/4/2020) hingga Jumat (11/4/2020), akibat adanya dua orang pedagang yang terbukti positif Covid-19 hasil dari tes swab yang dilakukan pada Senin (18/5/2020) di Pasar Sumber.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun‎, kedua orang pedagang tersebut merupakan warga Kecamatan Sumber, masing-masing berusia 73 dan 50 tahun.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, pada hari ini (28/5/2020), Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon akan memberikan sosialisasi kepada pedagang terkait penutupan tersebut.

Selama penutupan nanti, kata Imron, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon pun akan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan di seluruh bagian pasar.

"Tidak hanya pasar, seluruh akses menuju pasar pun akan ditutup sementara selama 14 hari dengan dijaga Polri-TNI dan Satpol PP," kata Imron saat ditemui di Kabupaten Cirebon, Kamis (28/5/2020).

Selain melakukan penyemprotan, Pemerintah Kabupaten Cirebon pun akan melaksanakan tes swab kepada 100 pedagang yang diketahui berkontak langsung dengan dua pasien positif itu.

Imron mengatakan, meskipun begitu, penerapan new normal atau pembiasaan baru di Kabupaten Cirebon akan diterapkan, sesuai intruk dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"PSBB tidak akan diperpanjang. Kalau pasar tetap dikosongkan, supaya semuanya tetap sehat dan aman," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, kedua warga terkonfirmasi positif tersebut merupakan pedagang yang biasa berjualan di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon.

Kemudian, kata Enny, satu warga terkonfirmasi positif lainnya diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Kota Bandung.

"Dari hasil tracing, ada 40 orang yang berkontak erat dengan kedua orang tersebut. Semuanya akan mengikuti tes swab," kata Enny.‎ (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top