Kominfo Jabar Genjot Program Desa Digital

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat bakal mengakselerasi sejumlah program yang telah diluncurkan pada 2019 lalu seperti Desa Digital dan Sapawarga pada tahun ini.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  14:52 WIB
Kominfo Jabar Genjot Program Desa Digital
Kepala Diskominfo Jabar Setiaji - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat bakal mengakselerasi sejumlah program yang telah diluncurkan pada 2019 lalu seperti Desa Digital dan Sapawarga pada tahun ini.

Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mengatakan 2019 lalu, Pemprov Jabar telah meluncurkan program pembangunan perikanan digital melalui eFishery di Desa Puntang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

"Tahun lalu kan ada desa digital perikanan yang menggunakan eFishery, nah ini akan di-copy paste ke daerah daerah yang lain," katanya di Bandung, Selasa (7/2/2020).

Selain itu, pihaknya tidak hanya akan mendorong desa digital di sektor perikanan hal serupa akan diterapkan di sektor pertanian dan wisata.

"Ini detailnya nanti kita akan sampaikan. Tapi kalau targetnya yang perikanan kita kembangkan di kota kabupaten lainnya," katanya.

Adapun program Sapawarga, pihaknya telah tuntas mendistribusikan ponsel ke setiap Ketua Rukun Warga di Kota Kabupaten. Rencananya, konten-konten terbaru pun akan disematkan pada aplikasi ini untuk memaksimalkan pelayanan publik.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan training of trainer (ToT) kepada Ketua RW di seluruh kota kabupaten. Di mana melibatkan dinas di kabupaten/kota, pendamping desa, dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Kami juga menggandeng relawan yang saat ini aktif bukan hanya mengedukasi (aplikasi Sapawarga kepada ketua RW). Tapi juga membantu supaya pemanfaatan sapa warga ini bisa maksimal," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top