Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Punya Desa Wisata Lagi, Desa Lain Bisa Juga Ikut Asal Memenuhi Syarat

Jabar Punya Desa Wisata Lagi, Desa Lain Bisa Juga Ikut Asal Memenuhi Syarat
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  14:50 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil diarak saat meresmikan Desa Wisata Cinunuk. - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil diarak saat meresmikan Desa Wisata Cinunuk. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Jawa Barat kembali memiliki desa wisata, kali ini Desa Wisata Cinunuk di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (26/1/2020), desa itu dinilai memiliki berbagai potensi wisata yang bisa menjadi daya tarik, salah satunya wisata religi.

Lewat rencana pengembangan Desa Wisata Cinunuk, nantinya akan ada penambahan berbagai fasilitas seperti wahana abregan, lesehan, bungalow, taman, museum, wahana bermain anak, hingga flying fox. Penambahan fasilitas tersebut bertujuan meningkatkan kemandirian ekonomi warganya.

“Garut ini lengkap, wisata pantai dan lautnya ada, gunung, rimba dan lain-lain. Jadi, semua desa di Garut ini sebenarnya bisa dijadikan desa wisata" ujar Emil seperti dikutip dari jabarprov.go.id, Senin (27/1/2020).

Emil menambahkan bahwa ada dua kriteria desa yang bisa dijadikan desa wisata, yaitu ada keunikan dan keindahan alam.

“Kami bagi dua desa wisata itu, bisa karena keindahan alamnya, bisa juga karena keindahan kegiatannya. Kalau ada dua-duanya baru luar biasa,” tuturnya.

Apabila keunikan alam atau kegiatan telah ada di sebuah desa, sambungnya, maka langkah selanjutnya adalah pemberdayaan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengembangan potensi wisata yang ada. Termasuk mengajak masyarakat untuk turut menyediakan sarana dan prasarana seperti tempat penginapan atau homestay.

Oleh karena itu, Emil melanjutkan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan mendorong pengembangan homestay di lokasi atau desa wisata di Jabar. “Maka wisatawan kita tawarkan pilihan apakah mau menginap di hotel atau rumah penduduk. [Homestay] bisa disewakan, misalnya Rp200.000 per malam dikalikan 20 malam per-bulan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top