Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hatta Rajasa Dianugerahi Doktor Kehormatan ITB

Hatta Rajasa dianugerahi Doktor Honoris Causa oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), di Aula Barat ITB, Jl Ganesa, Kota Bandung, Senin (25/11).
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 25 November 2019  |  13:15 WIB
Rektor ITB, Kadarsah Suryadi (kiri) menyalami Hatta Rajasa - Bisnis/Dea Andriyawan
Rektor ITB, Kadarsah Suryadi (kiri) menyalami Hatta Rajasa - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Hatta Rajasa dianugerahi Doktor Honoris Causa oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), di Aula Barat ITB, Jl Ganesa, Kota Bandung, Senin (25/11).

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi menuturkan penganugerahan gelar Doktor Kehormatan ini merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan ITB kepada Hatta Rajasa yang memiliki kontribusi yang luar biasa dalam satu dari empat bidang yang menjadi tolok ukur.

“ITB bangga memberikan penghargaan Doktor Kehormatan kepada Hatta Rajasa, karena berdasarkan kajian tim pengamat, dan para promotor, banyak sekali karya Pak Hatta yang memenuhi salah satu dari empat bidang yang menjadi bidang Doktor Kehormatan ITB,” kata Kadarsah.

Kadarsah menuturkan, Hatta Rajasa dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga masalah kebijakan publik saat menjabat sebagai pejabat publik.

“Ketika beliau menjabat juga sudah memperoleh banyak penghargaan nasional maupun internasional,” jelas dia.

Selain itu, Hatta Rajasa juga dinilai berhasil memadukan antara suatu aspek praktis dengan pemikiran akademik dan ilmiah, serta diramu menjadi suatu konsep yang bisa menjadi rujukan di dalam menjalankan suatu aplikasi kebijakan publik.

“Pemikiran para penerima Doktor Kehormatan akan menjadi acuan dari masyarakat akademik untuk juga mengembangkan keilmuannya, karena dari pemikiran itu setelah dipadukan dengan pemikiran akademik itu akan menjadi sesuatu yang lebih maju,” jelas Kadarsah.

Sementara itu, Ketua Tim Promotor Dr. (HC) Ir. M. Hatta Rajasa, Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc., menuturkan empat bidang yang menjadi tolok ukur yakni, pertama adalah bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan dan atau kemasyarakatan.

Kedua, kontribusi dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan atau kemasyarakatan.

Ketiga, kontribusi kemajuan kemakmuran dan atau kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia atau umat manusia.

Keempat, kontribusi dalam pengembangan hubungan baik antar bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan atau kemasyarakatan.

“Dengan memperhatikan keempat tolok ukur tersebut, dan didasarkan atas penilaian terhadap rekam jejak dalam capaian-capaian dari Ir. M. Hatta Rajasa di bidang kebijakan publik, (maka) kami memandang bahwa Ir. M. Hatta Rajasa layak untuk mendapatkan anugerah gelar Doktor Kehormatan dari ITB,” ijar Prof. Kombaitan. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top