Jadi Juri Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil Sampaikan Kisi-kisi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didapuk menjadi salah satu juri lomba desain Ibu Kota Baru yang akan dibangun di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  16:01 WIB
Jadi Juri Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil Sampaikan Kisi-kisi
Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didapuk menjadi salah satu juri lomba desain Ibu Kota Baru yang akan dibangun di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ridwan Kamil mengatakan sebagai juri pihaknya akan berpatokan bahwa desain kota baru harus menjadi kota terbaik sedunia. Maka semua konsep-konsep terbaik se-dunia harus ada di kota baru tersebut.

“Karena ini dibuat dari nol kan maka misal konteks sejarah, kota dunia itu kota harus humanis. jaraknya dekat orang jalan kaki mengurangi mobil motor, bangunan go green , ramah lingkungan tidak seperti perkotaan sekarang,” katanya di Bandung, Kamis (3/10/2019).

Selain itu kepadatan harus cukup dimana kota tersebut nanti tidak padat, bikin sesak dan tidak jauh dan hanya menguras biaya transportasi.

“Kemudian estektika ini seperti dulu Bung Karno membangun monas, dll ini diatur sedemikian rupa sehingga ada kebanggaan, dan nilai ini ingin saya jaga saja karena presiden juga meminta langsung kepada saya,” tuturnya.

Ridwan Kamil sendiri mengaku kaget saat terpilih menjadi salah satu juri lomba desain tersebut. Dia mengaku pihaknya ditelepon oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ini [jadi juri] desain katanya. Ada sembilan orang [jurinya] tapi gak tau [siapa saja] kalau yang gubernur baru saya mungkin karena profesi [arsitek],” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibu Kota Dipindah

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top