Pemkot Bandung Kaji Penggunaan Traffic Light Panel Surya

Pemerintah Kota Bandung tengah menunggu hasil dari uji coba traffic light tenaga surya.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  16:00 WIB

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung tengah menunggu hasil dari uji coba traffic light tenaga surya.

Jika hasilnya memuaskan, tidak menutup kemungkinan setiap perlintasan di Kota Bandung akan menggunakan traffic light bertenaga surya.

Wacana tersebut diakui Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi sebagai antisipasi adanya pemadaman listrik dari PLN seperti yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus lalu.

Akibatnya, seluruh lampu lalu lintas mati dan berdampak pada penumpukan kendaraan di setiap persimpangan lantaran seluruh lampu lalu lintas di Kota Bandung seluruhnya bergantung pada listrik PLN.

"Iya untuk mengantisipasi kejadian kemarin juga, karena kalau kedepannya listrik mati, kita ada cadangan dari tenaga surya itu sehingga traffic light tetap menyala," ungkap Ricky, Jumat (9/8).

Ricky mengatakan saat ini ujicoba traffic light tenaga surya sudah dilakukan di perlintasan Gedebage Kota Bandung.

Namun, hasil ujicoba yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) saat ini belum rampung.

“Kita sudah ada riset di persimpangan Gedebage, itu kajian Pusjatan, kita coba update dengan mereka,” jelas Ricky.

Ia menuturkan, hasil riset tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi Dishub Kota Bandung untuk mempertimbangkan penggunaan tenaga surya disetiap lampu lalu lintas.

"Kalau hasil risetnya hasilnya optimal dan efisien, efektif buat Dishub, kenapa tidak kita adakan pengadaan barang tersebut," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandung, traffic light

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top