Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG—Sebanyak 1 juta pengunjung masuk ke Kawasan Wisata Pangandaran selama libur Lebaran 2019 ini.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Deddy Taufik mengatakan lonjakan wisatawan ke kawasan yang memiliki 5 titik destinasi wisata di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pangandaran dan Cijulang terhitung sejak 1-7 Juni 2019 kemarin.
 
“Jumlah wisatawan yang masuk ke lima destinasi di Pangandaran totalnya mencapai 1,032 juta pengunjung lebih,” katanya saat dihubungi di Bandung,akhir pekan kemarin.
 
Menurutnya jumlah ini mengalami penurunan dibanding libur Lebaran 2018 lalu dimana pengunjung yang datang mencapai 1,3 juta orang. “Namun jumlah pengunjung masih melebihi target sebesar 17% dari yang kita tetapkan,” ujarnya.
 
Jumlah pengunjung terbanyak menurutnya disumbang dari Pantai Pangandaran sebesar 730.798 orang dan Pantai Karapyak 89.000 orang. Sementara UPT Cijulang yang memiliki objek Batu Karas, Batu Hiu dan Green Canyon total menyumbang 212 ribu pengunjung.
 
“Paling besar Pantai Batu Karas yang pengunjungnya mencapai 141.000 orang lebih agak menurun dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 200.000 lebih pengunjung,” katanya.
 
Disparbud Jabar mencatat dari satu juta pengunjung tersebut pihaknya bisa menarik retribusi Rp5 miliar lebih. Tahun lalu, retribusi yang masuk dari pengunjung tercatat Rp6,6 miliar lebih.
 
Kawasan Pangandaran sendiri pada 2019 ini ditarget bisa menarik 5 juta pengunjung dengan pemasukan mencapai Rp28 miliar lebih. “Masih ada sisa target Insyaallah bisa tercapai mengingat masa liburan masih panjang dan Pangandaran masih jadi destinasi favorit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler