Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS BJB SYARIAH: Ekspose Kasus Rampung, Bareskrim Siapkan Sprindik Baru

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor) Bareskrim Polri tengah melakukan gelar (ekspose) perkara terkait kasus tindak pidana kredit fiktif Bank BJB Syariah untuk menetapkan tersangka baru.

Direktur Tipikor Bareskrim Polri Brigjen Pol Erwanto Kurniadi menjelaskan, tim penyidik akan mengumumkan nama tersangka baru dalam perkara kredit fiktif senilai Rp548 miliar itu setelah ekspose perkara tuntas.

"Kalau diputuskan untuk ditingkatkan ke penyidikan dari hasil gelar perkara itu, akan diterbitkan segera sprindik," katanya kepada Bisnis, Rabu (24/4/2019).

Dia menambahkan, sampai saat ini tim penyidik masih melakukan ekspose kasus yang menyeret nama mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) tersebut.

Sejauh ini, Erwanto masih merahasiakan nama calon tersangka baru pada kasus tersebut. Namun hanya memastikan akan mengumumkan nama tersangka baru itu setelah menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik).

"Hari ini penyidik sudah mengajukan untuk gelar perkara untuk tersangka lain di kasus BJB Syariah itu," tuturnya.

Dalam perkara tersebut, Bareskrim Mabes Polri telah menetapkan mantan pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) bernama Yocie Gusman sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemberian kredit BJBS kepada debitur atas nama PT. Hastuka Sarana Karya periode 2014 hingga 2016.

Yocie Gusman diduga tidak menaati prosedur saat memberikan kredit ke AW, selaku pimpinan PT HSK dalam memberikan fasilitas pembiayaan sebesar Rp548 miliar. Dana itu sendiri digunakan PT HSK untuk membangun 161 ruko di Garut Super Blok.

Penyaluran kredit itu sendiri belakangan diketahui dilakukan tanpa agunan. PT HSK malah mengagunkan tanah induk dan bangunan ke bank lain. Setelah dikucurkan, ternyata pembayaran kredit senilai Rp548 miliar tersebut macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper