Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG—Tim Sapu Bersih (Saber) Hoaks Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan dilibatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar untuk mengawasi kerawanan kecurangan khususnya pada masa tenang menjelang pencoblosan Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang. 

Tim yang beranggotakan para ahli IT mampu mendeteksi berita bohong dalam konten digital.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya bersama Bawaslu ingin pengawasan pemilu maksimal sehingga masyarakat menikmati dengan tenang tanpa hal negatif yang mencederai nilai demokrasi.

"Kita memastikan bersama Bawaslu tidak ada hal-hal yang melenceng dari aturan, saya titipkan di hari tenang jangan sampai ada yang mencederai dengan fisik maupun digital. Bagaimana mengawasinya diantaranya kami libatkan Tim Saber Hoaks," kata Gubernur usai beraudiensi dengan Bawaslu Jabar di Gedung Sate Bandung, Senin (08/04/19) petang.

Menurut Emil - sapaan Gubernur - pada masa tenang nanti bukan jaminan berita bohong dalam konten digital khususnya di media sosial tidak akan terjadi. Melainkan di masa itu sangat rawan terjadi kecurangan.

"Tim ini (Saber Hoaks) sudah menangani ratusan konten berita bohong dan 70% nya adalah tentang politik. Kami ingin masa tenang menjadi renungan masyarakat untuk menentukan pilihannya tanpa dirasuki berita bohong," tuturnya.

Emil berharap, saat ini hingga pencoblosan dan penghitungan surat suara berjalan lancar di semua daerah di Jabar. Untuk itu pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Bawaslu, KPU dan pihak keamanan.

"Jangan sampai ada politik uang, politisasi masjid jangan sampai terjadi, kelengahan di hari pencoblosan dan hasil kotak suara sampai kecamatan jangan sampai terganggu," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler