Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerbangan ke Bandung Berkurang, Kunjungan Wisman Turun

Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  09:58 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara
Bisnis.com,BANDUNG—Berkurangnya rute penerbangan internasional ke Bandung berefek pada turunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat.
 
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Iwan Darmawan mengatakan kondisi ini mulai terpantau sejak pertengahan 2018 dimana dampak ini paling dirasakan dengan berkurangnya jumlah wisman asal Singapura dan Malaysia.
 
"Angka [penurunan] fix-nya saya belum dapat karena ini bisanya di Januari atau Februari. Dipastikan wisatawan dari Malaysia sama Singapura ada penurunan," paparnya di Bandung, Senin (29/1/2019).
 
Iwan memastikan faktor akses menjadi penyebab utama karena dari sisi minat turis asal Singapura dan Malaysia terbilang tinggi datang ke Jawa Barat khususnya Bandung. Persoalan adanya pengurangan jumlah penerbangan dari dua negara tersebut ke Jawa Barat adalah salah satu sebab.
 
"Seperti Malaysia awalnya tiga sekarang cuma satu [penerbangan sehari] Singapura dari enam kali sekarang hanya satu penerbangan, itu juga baru masuk lagi kan maskapai Garuda kemarin. Itu berpengaruh," paparnya.
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top