Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Jaringan, Asita Gelar Asita West Java Travel Mart 2018

Bisnis.com, BANDUNG —Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) DPD Jawa Barat menggelar Asita West Java Travel Mart 2018 “Jelajahi Pesona Nusantara” di Hotel Novena, Jalan Dr Setiabudi Kota Bandung, Senin (29/10).

Ketua DPP Asita, Asnawi Bahar mengatakan acara ini merupakan gelaran yang kedua kalinya dilaksanakan di Jawa Barat pada 2018. Salah satu target utamanya yakni untuk meningkatkan gairah priwisata di tingkat nasional khususnya di Jawa Barat serta membuka peluang bagi para pengusaha termasuk pengusaha pariwisata.

“Dengan adanya acara ini adalah upaya untuk membangun network berdasarkan aksebilitas, dengan adanya ini sehingga mencipatakan pariwisata yang baik,” kata dia dalam komferensi pers.

Ia berharap, dengan pemasaran dan promosi produk pariwisata di daerah mampu menciptakan network yang kuat, yang nantinya akan bermuara pada aktifitas bisnis.

“Harapan kami pariwisata di daerah maju, kita berharap acara ini akan menghasilkan minimal capaian target kita (wisatawan) domestik 255 juta, dan di tahun depan 265 juta kunjungan,” katanya.

Sementara itu, Kata dia, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2018 ditargetkan mencapai 17 juta wisman, sementara di 2019 ditargetkan 20 juta kunjungan wisman.

“September kemarin kita baru 10 juta sekian, masih kita kejar untuk 3 bulan kedepan 6 juta, ini bukanpekerjaan gampang, kita buat event dalam dan luar negeri, semacam direct selling,” ujar Asnawi.

Ia mengatakan, potensi penyerapan wisatawan dimestik maupun wisman di Jawa Barat sangat tinggi. Bahkan, tahun ini Jabar menurutnya mampu menyerap 58 juta wisatawan dengan beragam kekayaan priwisatanya.

Hanya saja kata dia, jumlah tersebut hanya didapat dari manifest hunian dan juga transportasi. Jika saja Bandara Kertajati sudah beroperasi optimal, ia meyakini jumlah tersebut akan dangat besar.

Setelah itu, ia juga berharap guna mendorong aksebilitas pariwisata di Jawa Barat. Pemerintah mau untuk meningkatkan akses berupa infrastruktur dalam mendukung kemudahan aktifitas priwisata.

“Sekarang sudah ada Bandara (kertajati), nah tinggal akses lainnya yang dipermudah, Jabar harus mengembangkan destinasi di luar Kota Bandung, Jabar sangat luas dengan capaian 58 juta,” kata dia.

“Diharapkan mucul destinasi baru yang bisa menyerap, sehingga terjadi pemerataan, efek berganda ini Jabar sudah sejahtera, seharusnya dengan pariwisata ini jabar sudah sejahtera,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD Asita Jaw Barat Budijanto Ardiansjah mengatakan Acara Asita West Java Travel Mart 2018 “Jelajahi Pesona Nusantara” ini diramaikan 158 buyer dan 68 seller yang berasal dari sejumlah daerah bahkan negara. Seperti Thailand, Malaysia dan Korea.

“Acara ini akan dilaksanakan setiap tahunnya, untuk mendorong aktifitas priwisata di Jawa Barat khususnya,” kata dia.

Ia pun berharap, gelaran ini mendapat dukungan dari instansi terkait dari pemerintahan. Pasalnya, kegiatan yang dilakukan Asita sangat berimplikasi dengan kinerja pemerintah, khususnya dalam bidang pariwisata.

“Saat ini baru Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, kami berharap di Pemerintah daerah seperti kota kabupaten pun ikut mendukung agar acara lebih besar,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper