Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Telur adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia untuk sarapan. Mengapa? Karena telur mengandung protein tinggi yang dapat membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

Selain itu, terdapat protein dan mineral penting lainnya yaitu nutrisi mikro seperti kolin, lutein dan zeaxanthin.

Vitamin yang ada dalam telur juga dapat membantu membangun otot, melindungi tulang, memperbaiki mood, meningkatkan kesuburan, sehingga menjadikannya makanan yang sehat.

Namun, sebagian orang ada yang tidak menyukai bagian putih ataupun bagian kuning telur. Khusus untuk putih telur, terdapat banyak manfaat sehingga jangan sampai dilewatkan untuk dikonsumsi. Sebab, putih telur mengandung lebih dari separuh protein.

Bagian putih telur juga mengandung riboflavin dan selenium, serta rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Maka putih telur baik untuk dikonsumsi semua orang, terutama bagi penderita diabetes atau mereka yang menderita penyakit jantung.

Untuk lebih detail, berikut 6 manfaat dari putih telur seperti dilansir Boldsky:

1. Baik untuk wanita hamil

Wanita hamil yang mengonsumsi lebih banyak putih telur selama kehamilannya dapat mencegah bayi lahir prematur dan dengan berat lahir rendah.

Dalam dietnya disarankan untuk makan putih telur matang supaya merasakan manfaatnya, apalagi jelang proses persalinan.

2. Otot jadi lebih kuat

Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat, salah satunya bisa didapatkan dengan makan putih telur. Kebiasaan makan sehat in dapat juga diterapkan oleh seorang atlet atau pecinta olahraga berat, karena lebih mudah meningkatkan massa otot.

3. Tingkatkan fungsi otak

Putih telur mengandung kolin, nutrisi makro yang membantu dalam proses pembentukan fungsi otak. Putih telur mendukung fungsi saraf dan otak dan juga membantu dalam detoksifikasi.

Maka, tak ada salahnya Anda makan putih telur, terutama pada anak-anak agar daya ingatnya bertambah.

4. Cegah kolesterol

Putih telur tidak memiliki kolesterol sama sekali, sehingga aman dikonsumsi. Jangan khawatir makan banyak putih telur dari ancaman penyakit kronis seperti jantung.

5. Jaga kesehatan kulit

Putih telur sejatinya mengandung kolagen di dalam membrannya. Jika Anda ingin punya kulit sehat dan cerah, perbanyak makan putih telur agar mencegah kulit keriput di usia muda.

6. Cegah kelelahan

Karena banyak mengandung mineral, putih telur bisa mengatasi rasa lelah dan membantu seseorang tidur nyenyak. Bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi dan mudah diolah menjadi apa saja, terutama untuk makanan pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper