Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi keju/Boldsky
Ilustrasi keju/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Mengonsumsi keju secara teratur dalam jumlah tertentu ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kabar baik ini diperoleh melalui sebuah penelitian.

Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan pada European Journal of Nutrition telah menyatakan bahwa mengonsumsi sejumlah kecil keju secara teratur benar-benar dapat mengurangi seseorang terkena penyakit jantung koroner sebesar 14%, atau bahkan mengurangi kemungkinan terkena stroke sebesar 10%.

Menurut penulis penelitian yang dilansir Boldsky, kadar kalsium tinggi baik dalam keju menyebabkan pemblokiran beberapa lemak jenuh (lemak jahat) dalam produk susu, sehingga menyeimbangkan rasio nilai gizi.

Kendati demikian, peneliti tetap mengingatkan agar tidak boleh mengonsumsi keju secara berlebihan. Sebaliknya, orang harus mengerti bahwa hanya dengan mengonsumsi dalam jumlah tertentu lah manfaat keju bisa terasa untuk kesehatan Anda.

Di sisi lain, ada makanan yang juga sehat dan baik untuk kesehatan jantung apabila seseorang tidak menyukai keju. Berikut urutannya:

1. Cokelat hitam

Mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah tertentu secara teratur bisa menjadi baik untuk jantung. Cokelat hitam mengandung flavonoid yang disebut polifenol, yang membantu mengatur aliran darah, mencegah pembekuan darah dan tekanan darah tinggi.

Namun, ketika kita mengatakan cokelat hitam itu baik, tidak berarti harus mengonsumsinya secara banyak. Mengonsumsi satu atau dua potong sehari bisa sangat membantu.

2. Kacang

Kacang kaya kandungan serat, vitamin E dan omega-3 lemak atau yang dikenal sebagai lemak baik. Almond dan kenari adalah dua kacang yang paling dikenal yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko masalah jantung.

3. Minyak zaitun

Mengurangi penggunaan minyak sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun, menggunakan minyak zaitun dianggap jauh lebih aman karena mengandung lemak baik. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan mengurangi kadar kolesterol.

4. Teh hijau

Teh hijau dikenal dengan sifat antioksidannya. Teh hijau mengandung antioksidan penting yang disebut katekin yang membantu dalam membakar lemak dan kolesterol guna menyehatkan jantung. Minum sekitar 2-3 cangkir teh hijau secara teratur membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling dikenal baik untuk jantung. sayuran ini kaya akan serat, vitamin dan mineral penting. bBokoli juga mengandung karotenoid tinggi yang berperan sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari dalam tubuh.

6. Kacang polong

Kacang polong kaya serat dan protein. Kacang polong dalam makanan secara teratur dapat mengendalikan lemak dan kolesterol sehingga mencegah penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper