Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Gejala Anda Kekurangan Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan untuk produksi hemoglobin dalam tubuh kita, yaitu pigmen merah yang memungkinkan sel darah merah kita membawa oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru kita.
Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Zat besi sangat diperlukan untuk produksi hemoglobin dalam tubuh kita, yaitu pigmen merah yang memungkinkan sel darah merah kita membawa oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru kita. 

Sebenarnya, 70% zat besi yang dikonsumsi oleh kita dimanfaatkan untuk tujuan tersebut. Itulah mengapa masalah besar akan timbul ketika tubuh Anda kekurangan zat besi. Kondisi ini dikenal sebagai anemia defisiensi besi.

Wanita menderita kekurangan zat besi jauh lebih banyak daripada pria karena kehilangan darah bulanan mereka melalui menstruasi. Tapi wanita dan pria menopause juga rentan kekurangan zat besi jika mereka memiliki kondisi gastrointestinal (seperti tukak lambung) yang menyebabkan perdarahan di usus mereka.

Ada beberapa gejala ringan bahkan berat yang menandai tubuh Anda kekurangan zat besi, misalnya, sering merasa lelah atau sering sakit kepala. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah 15 gejala kekurangan zat besi pada tubuh seperti dilansir Boldsky:

1. Kelelahan ekstrem
Tanpa zat besi, tubuh Anda tidak dapat memproduksi hemoglobin, pigmen merah yang dibutuhkan oleh sel darah Anda untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Itulah sebabnya, mereka yang menderita kekurangan zat besi paling sering menderita kelelahan kronis (bahkan di pagi hari) karena tubuh mereka tidak mendapat oksigen secukupnya sepanjang hari.

2. Kuku pucat
Kucut yang pucat ini disebabkan oleh penurunan kadar hemoglobin Anda. Selain pada kuku, Anda bisa mengamati gejala kekurangan zat besi pada wajah dan lidah yang terlihat pucat.

3. Mata kuning
Bagian dalam kelopak mata bagian bawah biasanya berwarna merah muda atau merah karena aliran darah yang sehat. Tapi bila Anda kekurangan zat besi, area ini menjadi pucat kuning atau putih karena berkurangnya aliran darah.

4. Sering lelah
Jika Anda terengah-engah dalam rutinitas sehari-hari yang sederhana seperti mengenakan pakaian, menyikat gigi, atau bahkan menulis, maka bisa saja hal itu gejala dari kekurangan zat besi.

Apa alasannya? Ini karena tanpa hemoglobin yang cukup di tubuh Anda, otot Anda tidak akan menerima oksigen yang cukup selama fungsinya. Hal ini menyebabkan kelelahan di dalamnya lebih cepat dan Anda akhirnya merasa sesak setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang paling dasar.

5. Sering sakit kepala
Sering sakit kepala dan rasa pusing bukanlah tanda paling umum kekurangan zat besi, namun jika bersamaan dengan tanda-tanda di atas, maka jelas merupakan gejala kekurangan zat besi.

Alasan di baliknya yakni kekurangan suplai oksigen di tubuh Anda, yang menyebabkan pembuluh darah di otak Anda membengkak dan berdenyut sehingga menyebabkan sakit kepala dan pusing.

6. Palpitasi jantung tak beraturan
Jika sel darah merah Anda tidak memiliki cukup hemoglobin, mereka tidak dapat cukup mengoksigenasikan tubuh Anda. Hal ini meningkatkan beban kerja di hati, yang sekarang harus melakukan pompa secara ekstra cepat untuk mengatasi peningkatan permintaan oksigen, yang menyebabkan palpitasi tidak teratur.

7. Kulit kering dan rambut mulai rontok
kekurangan zat besi bisa juga membuat kulir kering dan rambut rontok. Karena darah Anda membawa nutrisi bersama dengan oksigen, persediaan darah yang berkurang ini segera bermanifestasi sebagai kulit kering dan rambut rontok meningkat.

8. Kukuh mulai rapuh
Seperti disebutkan di atas, selama krisis oksigen, tubuh Anda memotong suplai darah ke bagian tubuh yang kurang penting. Dan itu termasuk kuku Anda. Itu sebabnya, mereka yang menderita kekurangan zat besi sering mengembangkan kuku rapuh yang bisa dilipat dengan mudah. Kondisi ini disebut juga Koilonychia .

9. Tangan dan kaki selalu dingin
Bila tubuh Anda berada di bawah krisis oksigen karena hemoglobin rendah, pinggiran tubuh Anda akan berakhir lebih banyak karena jantung Anda tidak mampu mendorong keluarnya darah sejauh ini.

Dan aliran darah yang berkurang ini sering bermanifestasi dalam bentuk tangan dan kaki yang terus-menerus dingin.

10. Glossitis atau peradangan/infeksi lidah
Gejala lainnya adalah lidah Anda mulai kehilangan semua selera, menjadi bengkak, berubah warna, dan menyakitkan.

11. Timbul luka di sudut mulut
Tanda umum lain dari kekurangan zat besi dari kondisi sedang sampai berat adalah perkembangan retak dan luka di sudut mulut Anda alias angular cheilitis.

Luka ini sangat menyakitkan dan membatasi Anda berbicara, tertawa, atau makan dengan benar. Harap dicatat: Cheilitis angular adalah gejala dari banyak kondisi medis selain anemia defisiensi besi.

12. Kaki kesemutan
Seperti disebutkan di atas, tangan dan kaki Anda sering menerima lebih sedikit suplai darah saat krisis oksigen di tubuh Anda. oleh karena itu mereka yang menderita kekurangan zat besi dengan kondisi sedang sampai berat sering mengalami sensasi kaki kesemutan.

13. Sering terkena infeksi
Besi adalah mineral penting dalam tubuh kita yang berbagai fungsinya termasuk untuk enzim dan sistem hormon, seperti hormon tiroid. Itu sebabnya, mereka yang menderita kekurangan zat besi sering mengalami banyak infeksi karena kekurangan ini secara drastis mempengaruhi imunitas mereka dengan cara yang negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper