Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDRB KABUPATEN CIREBON: Sektor Industri Mulai Kalahkan Sektor Pertanian

Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang dahulu dikenal sebagai daerah agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani kini mulai beralih menjadi daerah industri.
(jibiphoto)
(jibiphoto)

Bisnis.com, CIREBON—Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang dahulu dikenal sebagai daerah agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani kini mulai beralih menjadi daerah industri.

Peralihan Kabupaten Cirebon dari agraris ke industri terlihat dari  Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 2016, sektor pertanian memberikan kontribusi sebesar 21% terhadap PDRB Kabupaten Cirebon, sementara sektor pertanian hanya menyumbang 17% terhadap PDRB.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, Deni Agustin mengatakan peralihan yang terjadi di Kabupaten Cirebon tidak terlepas dari pesatnya peningkatan sarana transportasi yang memicu pertumbuhan ekonomi.

Dia menuturkan sejak Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) beroperasi pertengahan 2015 lalu, banyak investor yang bergerak di bidang industri berlomba-lomba membuka tempat usaha di Kabupaten Cirebon.

“Selain industri rotan dan furniture, kini mulai banyak industri-industri lain di Kabupaten Cirebon,” katanya, Kamis (19/10/2017)

Deni mengungkapkan perusahaan industri baru di Kabupaten Cirebon bergerak di berbagai bidang mulai dari industri olahan makanan, otomotif (spare part), pakan ternak, garmen dan beberapa perusahaan industri lainnya.

“Bagi kalangan pengusaha, Kabupaten Cirebon dinilai cukup potensial karena terhubung dengan berbagai akses transportasi,” ujarnya. (k3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maman Abdurahman
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper