Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Cara untuk Mengajarkan Anak soal Uang

Banyak cara yang diajarkan orang tua soal uang kepada anak-anaknya. Mengajarkan uang kepada anak sangat penting karena anak bisa lebih paham untuk mengelola uangnya dengan baik sedari kecil.
Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Bisnis.com, BANDUNG -- Banyak cara yang diajarkan orang tua soal uang kepada anak-anaknya. Mengajarkan uang kepada anak sangat penting karena anak bisa lebih paham untuk mengelola uangnya dengan baik sedari kecil.

Selain menabung, tentu ada cara lain agar anak anak-anak bisa pahan tentang hal itu. Sehingga tidak menutup kemungkinan anak Anda bisa lebih menghargai tentang uang.

Dilansir Business Insider, setidaknya ada tiga cara mengajari anak tentang uang. Berikut ketiga cara tersebut:

Merinci pengeluaran
Mintalah anak Anda merinci semua pengeluarannnya dalam seminggu, sehingga anak jadi tahu untuk apa saja uang yang sudah dia gunakan.

Dengan memahami cara mengeluarkan uang, anak bisa meningkatkan kemampuan menabung. Mereka pun bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Sisa uang yang didapat bisa disimpan ke tabungan. Sama dengan aturan pertama Warren Buffet tentang investasi, “ Investasikan kembali keuntungan yang didapatkan.”

Mintai saran

Pancing mereka dengan bertanya saran apa yang akan diberikan anak Anda kepada teman-temannya. Jawabannya pun bisa bervariasi, misalnya jangan terlalu boros beli makanan atau beli mainan di mall. Setelah mendapatkan jawabannya, Anda bisa menjelaskan lebih detail kepada anak-anak.

Berikan kesempatan menganalisis
Cobalah berikan kesempatan bagi mereka untuk menganalisis keputusan tentang uang. Tidak ada salahnya melibatkan anak untuk membuat keputusan tentang uang, misalnya dengan membeli barang baru.

Mintalah anak untuk meriset harga barang tersebut di internet dan menganalisis plus minus dari barang itu yang hendak dibeli dilihat dari harga. Dengan begitu, kemampuan pemahaman uang anak akan terlatih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi
Sumber : Business Insider
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler