Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

e-Meterai Dikeluhkan Pelamar CPNS, BKD Jabar Tunggu Solusi dari Peruri dan BKN

BKD Jabar menerima banyak pengaduan dari para pelamar yang mengeluhkan kesulitan membeli meterai elektronik di situs Peruri.
Kepala BKD Jabar Sumasna
Kepala BKD Jabar Sumasna

Bisnis.com, BANDUNG--Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat terus berkonsultasi dengan Perum Peruri dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait terhambatnya proses pendaftaran CPNS 2024 oleh persoalan e-Meterai di situs Perum Peruri.

Kepala BKD Jabar Sumasna mengatakan dua hari sebelum masa pendaftaran habis pihaknya menerima banyak pengaduan dari para pelamar yang mengeluhkan kesulitan membeli meterai elektronik di situs Peruri.

"Yang mengadukan soal ini ke kami banyak, terutama pelamar yang antrean ke belakang," katanya dihubungi Rabu (4/9/2024).

Sumasna mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Peruri dan BKN untuk segera mencarikan solusi terkait persoalan ini.

"Kita sudah komunikasi dengan Peruri dan BKN, harapan kami Peruri segera mungkin solusi," tuturnya.

Pihaknya juga berkonsultasi dengan BKN mengingat tenggat pendaftaran CPNS akan ditutup dua hari ke depan. Menurutnya harus ada antisipasi bagi para pelamar yang yang sudah mengantre namun terhambat oleh e-meterai.

"Supaya hak yang datang, haknya terpenuhi," katanya.

Sumasna mengaku ada usulan agar pendaftaran diperpanjang sampai persoalan e-Meterai ini teratasi, namun pihaknya mengembalikan keputusan ini pada BKN. "Mungkin saja [diperpanjang], tapi nanti kami menunggu arahan BKN," katanya.

Saat ini BKD Jabar mencatat sudah ada 7.185 pelamar CPNS 2024 yang melakukan submit. Data tersebut per Rabu ini pukul 15.33 WIB.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka 899 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Jawa Barat 2024 untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis lain.

Formasi 899 orang untuk kebutuhan tenaga kesehatan sebanyak 146 orang, sementara selebihnya adalah tenaga teknis yang ditempatkan pada berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jabar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat Sumasna mengatakan pihaknya mendorong agar masyarakat yang memenuhi syarat untuk turut serta mendaftar CPNS, karena ini juga menjadi satu cara untuk mengurangi angka pengangguran.

"Karenanya, kalau kami, kebutuhannya itu semakin banyak yang bisa ikut daftar, itu akan mendapatkan orang yang terbaik. Dan kami jamin semua prosesnya transparan dan bisa dipertanggungjawabkan," katanya di Bandung, Rabu (21/8/2024).

Pendaftaran CPNS 2024 ditutup dua hari lagi. Akan tetapi, banyak calon pendaftar yang mengeluhkan e-Meterai. Menurut mereka, e-Meterai gagal saat pembubuhan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper