Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar 2024: Besok Hanya PKS-Nasdem yang Mendaftar, PDIP-PKB Tak Ada Kabar

KPU Jabar memastikan baru satu pasangan calon yang akan hadir ke KPU di hari terakhir pendaftaran Pilgub Jabar 2024, Kamis (29/8/2024).
Pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie
Pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie

Bisnis.com, BANDUNG--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan baru satu pasangan calon yang akan hadir ke KPU di hari terakhir pendaftaran Pilgub Jabar 2024, Kamis (29/8/2024).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat Adi Saputro mengungkapkan hanya PKS-Nasdem yang terkonfirmasi bakal melakukan pendaftaran pasangan calon peserta Pilgub Jabar 2024 besok.

"Besok jam 10 pagi dari PKS sama Nasdem yang mau daftar. Belum sebutkan nama. Tadi hanya konfirmasi lewat telepon, calon mau daftar jam 10," katanya, Rabu (28/8/2024).

Sementara soal pasangan calon dari PDI Perjuangan-PKB, yang dikabarkan akan mendaftar besok, Adi mengaku hingga sore ini belum ada konfirmasi lebih lanjut. Menurutnya PDI Perjuangan-PKB diharapkan bisa memberikan konfirmasi sebelum melakukan pendaftaran, supaya tidak terjadi bentrok dengan pasangan calon lain.

"Belum, kita masih koordinasikan. Enggak tahu jam berapa. Kita harap ada koordinasi, takut bentrok," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 terkait dengan program dan jadwal, 27 sampai 29 Agustus 2024 adalah waktu dimana pihaknya menerima pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

"Kemarin, kami sudah menerima satu calon dan hari ini kami belum menerima konfirmasi terkait kehadiran untuk yang datang untuk mendaftarkan. Tetapi secara lisan baru sampai tadi malam, masih ada dua partai lagi yang akan datang tetapi kami belum menerima permohonan secara resminya," tuturnya di KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Rabu (28/8/2024).

Pihaknya mengimbau agar 2 pasangan calon dengan partai pengusung bisa mengatur jadwal agar tidak terlalu mepet ke batas akhir pendaftaran yakni pukul 23.59 WIB. 

"Tetapi kami selalu mengimbau dan hari ini kami sudah berkoordinasi dengan para LO partai politik untuk tidak datang diujung hari walaupun waktunya sampai pukul 23.59 WIB," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper